Toko Buku Online, Studi Kasus LSI

WWW.CLICKBORNEO.COMToko Buku Online, Studi Kasus LSI adalah judul untuk mempelajari Algoritma LSI (Latent Semantic Indexing) yang diterapkan banyak mesin pencari. Artinya, dalam artikel ini kita akan mempelajari teknik SEO berkaitan konten. Contoh, saya gunakan keyword Toko Buku Online sebagai media pembelajaran.

Jika Anda seorang webmaster atau pemilik website toko buku, maka saya sarankan untuk mempelajari bagaimana kinerja algoritma Google ini agar mereka yang ingin membeli buku online bisa menemui situs Anda melalui keyword Toko Buku Online di posisi strategis mesin pencari google. Gambar berikut saya ambil pada saat yang sama ketika menulis artikel ini:

toko buku online

Toko Buku Online hasil pencarian google

Menulis di internet sebenarnya sama saja dengan menulis di buku. Namun ketika harus dikorelasikan dengan mesin pencari, suka atau tidak suka, maka ada teknik-tenik serius yang harus dipelajari agar antara apa yang kita tulis sesuai dengan syarat yang diberlakukan oleh mesin pencari. Namun jika Anda tidak memedulikan persoalan tersebut, maka tak masalah.

Menulislah seperti yang selama ini Anda lakukan. Itu pun tak kalah hebatnya. Karena saya sendiri pun memiliki keyakinan bahwa, setiap pengunjung situs selalu ingin mendapatkan artikel yang ditulis dengan rapi, teratur dan berkualitas. Ada joke mengatakan, meski desainnya murahan, tapi kualitas tulisannya seharga buku-buku mahal di toko buku. Pengunjung akan merasa beruntung menemui website semacam itu tentunya.

Persoalan kapan orang-orang di luar sana menemukan tulisan Anda, sementara apa yang Anda tulis tidak terindeks dengan baik di google, saya yakin masih banyak pengunjung yang berhati mulia dan mau membagikan artikel Anda melalui jejaring sosial seperti Google Plus, Twitter, Facebook dan lain-lain. Apakah Anda tergolong orang-orang berhati mulia?

Kembali ke Toko Buku Online untuk belajar SEO gratisan. Anda bisa melihat atau mencoba sendiri menggunakan mesin pencari google siapa saja empat situs toko buku online yang berada di posisi terbagus seperti gambar di atas. Apakah selama ini Anda juga sedang mengupayakan situs jualan buku online Anda berada di sana juga?

Banyak penjual buku online yang sifatnya mandiri. Mereka hanya jualan buku secara online. Untuk bersaing dengan keyword yang sama maka diperlukan kerja ekstra agar bisa bersaing dengan website toko buku yang sudah mapan di pencarian google.

Algoritma LSI (Latent Semantic Indexing) mengajarkan kepada kita untuk menulis artikel yang selalu memiliki relevansi antar keyword. Jika Anda menggunakan keyword Toko Buku Online, maka sebaiknya Anda terus menulis dengan keyword berbeda dengan relevansi yang sama. Contoh; Toko buku online memiliki relevansi jika Anda menulis tentang buku murah, buku diskon, komunitas buku, buku bestseller, buku baru, bursa buku dan lain-lain.

Berhubung satu tema yakni tentang buku, saya ingin menginformasikan bahwa ClickBorneo.Com mengadakan Kuis berhadiah Voucher Belanja Buku senilai Rp.110.000 dan hadiah hiburan pulsa gratis Rp.10.000 untuk 5 pemenang yang bisa Anda tukarkan di BukuMurah.Net.

Cara Belajar Menerapkan LSI:

  • Tulis artikel dengan baik. Jangan asal-asalan hanya demi kepentingan SEO. Karena dalam metode LSI, jika ada orang lain yang menulis tentang Toko Buku Online lebih baik, artikel Anda bisa saja dikalahkan.
  • Rajinlah melakukan riset untuk mencari tahu keyword apa saja yang memiliki relevansi dengan keyword situs Anda. Seperti untuk satu keyword ‘Buku” saja, banyak relevansi yang bisa ditemukan. Seperti, buku gratis, buku bajakan, buku terjemahan, download buku dan lain-lain.
  • Jadikan setiap keyword satu-kesatuan ke dalam judul artikel Anda.
  • Awali tulisan (lead) yang disisipi keyword yang Anda inginkan.
  • Tulislah artikel Anda minimal 300 kata.
  • Berikan tautan antar satu artikel dengan artikel lain di website Anda yang saling memiliki relevansi.
  • Carilah tautan (link) dari situs lain yang memiliki relevansi. Tidak harus sama Toko Buku Online, karena itu jelas hampir tidak mungkin sesama penjual buku online saling berbagi tautan. Carilah situs-situs resensi buku, atau blog-blog yang membicarakan tentang buku.

Inti dari artikel Toko Buku Online, Studi Kasus LSI dalam pembelajaran SEO kali ini adalah, jangan hanya menggilai satu keyword saja. Karena mesin pencari juga mempertimbangkan relevansi antar keyword dari semua artikel yang Anda tulis. Semakin kaya relevansi keyword yang Anda tulis, besar kemungkinan Anda bisa mengalahkan situs-situs yang telah mapan dalam pencarian Google. Itu bukan mustahil selama Anda mau belajar, berusaha, sabar dan berdoa tentunya. Selamat berjualan buku, semoga situs buku Anda selalu handal dan proses jualannya lancar dan mudah.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*