TNI Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Produktif

CLICKBORNEO.COM – Dalam upaya memaksimalkan lahan milik TNI dan lahan milik masyarakat yang saat ini tidak terpakai menjadi lahan produktif, Kodim 1006 Martapura bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melaksanakan program penganekaragaman tanam pangan melalui kegiatan Optimasi Lahan Jagung Program TNI AD  Mendukung Ketahanan Pangan (TMKP) , Jumat (18/10), dipusatkan di Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar.

Tanam jagung

Komandan Kodim 1006 Martapura, Letkol Inf. Apriadi Dirbas, mengatakan, kegiatan Optimasi Lahan Jagung Program TNI AD TMKP bertujuan untuk memanfaatkan lahan milik TNI AD dan masyarakat yang sementara ini tidak diusahakan menjadi lahan pertanian produktif. Untuk memperluas areal tanam, meningkatkan produksi pertanian khususnya tanaman jagung,  anggota TNI AD mendukung sektor pertanian dalam rangka terwujudnya ketahanan pangan serta antisipasi kerawanan pangan.

Kegiatan Optimasi Lahan Jagung Program TNI AD  TMKP dilaksanakan di beberapa tempat, yakni Desa Padang Panjang dan Desa Lok Tangga (Kecamatan Karang Intan), Desa Simpang Empat dan Desa Tanah Intan (Kecamatan Simpang Empat), Desa Bincau (Kecamatan Martapura), Desa Kertak Empat (Kecamatan Pengaron), Desa Pakutik (Kecamatan Sungai Pinang), serta Kelurahan Landasan Ulin Barat (Kecamatan Lianganggang) Kota Banjarbaru.

Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekda Banjar H. Nasrunsyah mengatakan, ia atas nama  Pemerintah Kabupaten Banjar mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang luar biasa atas terlaksananya kegiatan ini.

Ia berharap, semoga manfaatnya dapat dirasakan dan membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya yang berada diwilayah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar.

Sultan H. Khairul Saleh juga mengemukakan, dengan memperhatikan kondisi masyarakat pedesaan yang sebagian besar bekerja sebagai petani, Kabupaten Banjar memiliki prospek ekonomi yang sangat menjanjikan, khususnya dalam perkembangan perekonomian kerakyatan melalui peningkatan usaha tani masyarakat.

“Sektor pertanian mempunyai peranan cukup penting dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi dan ketersediaan lapangan pekerjaan serta sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang terus berjalan seiring pertambahan jumlah penduduk dan industri pangan,” ucapnya.

Sejalan dengan kenyataan tersebut Bupati Banjar menghendaki agar kegiatan yang dilaksanakan tersebut dapat menjadi penyemangat untuk program-program selanjutnya. Di sinilah TNI AD, Pemerintah Daerah serta rakyat bergotong royong dan bekerjasama memajukan wilayah Kabupaten Banjar. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*