Tips Jualan di FaceBook Agar Tidak di Benci

WWW.CLICKBORNEO.COMFaceBook bukan situs jualan. Namun jualan di FaceBook sah-sah saja. Alasannya, dalam konsep kehidupan sehari-hari, sekarang ini tidak semua orang harus berkumpul untuk berjualan di pasar. Mereka bisa berjualan di mana saja sesuai ilmu marketing yang mereka miliki. Perlu dicatat, ilmu marketing yang dimaksud bukan berarti harus menempuh pendidikan formal, namun pengalaman, naluri, kecerdasan, dan kreatifitas manusia dalam hal menciptakan pasar mereka sendiri termasuk jualan di FaceBook. Kecuali FaceBook melarang penggunanya untuk berjualan. Itu lain lagi rumusnya.Jika saya amati, Jualan di FaceBook bukan sekadar alternatif, tapi juga pilihan. Banyak alasan orang-orang merasa nyaman jualan di FaceBook ketimbang membangun website toko online. Pertama, masih banyak orang di luar sana belum bisa mengoperasikan komputer, internet dan mengoperasikan website. Kalau di FaceBook mereka cukup menggunakan handphone lengkap dengan paket internet dan tersambung langsung dengan FaceBook. Kedua, teman-teman mereka ada di FaceBook. Ini semacam menciptkan pasar kecil-kecilan dengan segmentasi kawan-kawannya. Ketiga, lebih murah memasarkan produk lewat FaceBook.

Ketiga alasan di atas bukan berarti saya menyarankan Anda hanya cukup memanfaatkan FaceBook. Bagaimanapun, FaceBook adalah situs milik orang lain. Nasib dan masa depannya bisa berubah-rubah. Bisa jadi di tahun-tahun tertentu FaceBook akan ditinggalkan banyak orang. Jadi tak ada salahnya membangun website toko online sendiri sebagai bentuk investasi jangka panjang.

Jualan di FaceBook memang sudah menjadi virus. Namun disayangkan jika Anda lupa kalau Facebook itu adalah situs pertemanan. Anda tidak menyadari lagi sehingga FaceBook dalam pikiran Anda adalah Toko Online. Sebab itulah Tips jualan di Facebook Agar tidak di benci perlu Anda ketahui.

  • Gunakan rumus 1 kali jualan, 5 kali berbagi informasi. Agar lebih fokus kapan harus menawarkan produk Anda, silakan menerapkan strategi sesuai yang sudah dibahas dalam Prime Time Jualan di Facebook. Sisa waktu lainnya, berbagilah informasi yang bermanfaat kepada teman-teman Anda di FaceBook. Jika Anda berjualan busana muslim, maka bagikan informasi yang mungkin mereka perlukan seperti, cara menggunakan jilbab, cara menggosok pakaian yang baik, trend busana muslim terbaru dan lain-lain.
  • Jangan buru-buru menambah banyak teman dengan membabi buta. Meskipun pada akhirnya mereka menerima permintaan pertemanan Anda, tetap saja mereka bukan teman Anda sebenarnya (belum dan tidak ada hubungan emosional sebelumnya). Buatlah dirimu diterima dan disenangi terlebih dahulu sebelum membanjiri dinding FaceBook mereka dengan produk demi produk. Banyak pengakuan orang-orang di luar sana justru akan langsung menghentikan status pertemanan karena merasa terganggu. Berbeda jika di antara kalian memiliki hubungan emosional atau sudah saling mengenal sebelumnya. Baca artikel berjudul Jualan di Facebook, Temanmu Bukan Temanku untuk meningkatkan jualan di FaceBook.
  • Aktiflah berada di lingkungan masyarakat atau komunitas. Menghadiri kegiatan bahkan ikut bergiat dengan orang-orang akan menambah sekaligus meningkatkan status yang semula hanya sekadar berteman di FaceBook, menjadi kenal yang sebenarnya. Itu akan menciptakan hubungan emosional sehingga Anda diterima dan tidak dibenci ketika menawarkan berbagai macam produk ke dinding mereka.
  • Jangan pelit. Saran ini sekaligus untuk membangun brand jualan Anda. Sisihkan keuntungan dari hasil penjualan untuk dana promosi. Gunakan dana tersebut untuk membantu membuatkan spanduk, banner atau memberi doorprize dari kegiatan yang Anda ikuti tadi. Selain mereka senang karena sudah Anda bantu, promosi jualan Anda tetap berjalan.

Sampai di sini saja dulu Tips Jualan di FaceBook Agar Tidak di Benci oleh para pengguna FaceBook lainnya. Semoga bermanfaat dan membuat pengguna FaceBook lainnya tidak jenuh denganmu. Sampai ketemu dalam artikel berikutnya. Salam sukses, selamat berjualan di FaceBook.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*