Sumpah Pemuda Tonggak Pembangunan Karakter Bangsa

CLICKBORNEO.COM – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 85 tahun diperingati dengan penuh hikmat dan khusyuk, Senin (28/10) di halaman Kantor Pemkab Banjar, Martapura.

Sumpah Pemuda 1

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh, diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjar,Wakil Bupati Banjar, Ketua TP PKK Banjar, Sekda, Kepala SKPD dan PNS lingkup Pemkab setempat, para mahasiswa, pelajar, KNPI, serta organisasi masyarakat dan  kepemudaan lainnya.

Sultan H. Khairul Saleh membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Roy Suryo menyampaikan, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia yang dipelopori oleh anak-anak muda pada zamannya.

Dikatakan, Sumpah Pemuda merupakan momentum yang telah membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme di tengah-tengah hegemoni kolonialisme penjajah.

“Momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan direaktualisasikan agar semangat yang terkandung didalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa untuk menggapai kejayaan bangsa di masa depan,” ujarnya.

Secara khusus momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini diarahkan untuk menjadi tonggak pembangunan karakter bangsa. Atas dasar semangat itulah peringatan tahun ini mengangkat tema : “Mewujudkan Pemuda Yang Santun, Cerdas, Inspiratif dan Berprestasi”

Tema ini secara khusus mengandung pesan bahwa saat ini kita memerlukan figur-figur pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi. Pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti, berakhlak mulia, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta peduli terhadap sesama. Pemuda Indonesia dituntut untuk santun dalam perkataan, pikiran dan perbuatan.

“Pemuda yang cerdas adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreatifitas tinggi, mampu mengatasi berbagai persoalan dihadapinya dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global,” tegasnya.

Upaya untuk mewujudkan pemuda Indonesia yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi haruslah dijadikan sebagai komitmen kolektif bangsa ini manifestasi dari semangat dan jiwa Sumpah Pemuda.

Melalui peringatan ini, lanjutnya, kita berharap agar bangsa ini kembali merenungkan dan menghayati  jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda yang telah di ikrarkan oleh para pemuda dari berbagai suku, agama, dan latar belakang kebudayaan yang sangat plural dari seluruh Indonesia. Semoga bangsa Indonesia dapat memetik hikmah yang terkandung dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*