Sultan Banjar Bangun Mushala Pangeran Abu Bakar

CLICKBORNEO.COM -Warga Desa Marindi, Kecamatan Marindi Tengah, Kabupaten Tabalong mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih  kepada Sultan Banjar H Khairul Saleh atas rampungnya pembangunan Mushala Pangeran Haji Abu Bakar, yang merupakan bantuan dari keluarga besar sang sultan dan masyarakat.

Makam Pangeran Abubakar

“Kami atas nama masyarakat dan tetuha masyarakat Desa Marindi sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan Sultan Banjar terhadap pembangunan Mushala Pangeran Haji Abu Bakar,” ucap H Mirhan MAg, seorang tokoh masyarakat, di sela Peringatan Haul Pangeran Haji Abu Bakar, Minggu (18/8).
Diutarakan Mirhan, pembangunan Mushala Haji Pangeran Abu bakar merupakan bantuan dan Keluarga Besar Sultan H Khairul Saleh yang dibangun tepat di sisi kanan Makam Pangeran Haji Abu Abu bakar yang tidak lain adalah Datu dari Sultan H Khairul Saleh.
Keberadaan mushala, lanjut Mirhan,  disambut gembira masyarakat Desa Marindi dan sekitarnya mengingat rumah ibadah tersebut tidak hanya sebagai sarana syiar islamiah namun tempat silaturahmi masyarakat.
MUSHALA PANGERAN H ABU BAKAR
Dalam acara haulan sekaligus halal bihalal dihadiri langsung Sultan H Khairul Saleh beserta keluarga besar, para tuan guru dan dzuriat Haji Pangeran Abu Bakar, baik berasal dari Kaltim, Kalteng dan Kalsel serta  masyarakat.
Menurut Sultan Banjar H Khairul Saleh,   melalui  peringatan haulan diharapkan kepada  masyarakat dan dzuriat untuk tetap mengenang jasa dan kebaikan almarhum  semasa hidup. Makna lain dari sebuah haulan adalah mengingatkan kepada kita yang masih hidup untuk selalu berusaha menebar kebaikan mengingat setiap manusia pasti akan menemui kematian.
“Menghadiri haul ulama merupakan wujud kencintaan dan sayang kita terhadap keihklasan mereka  saat berjuang menyebarkan agama Islam dan melawan para penjajah, termasuk apa yang diabdikan Pangeran Haji Abu Bakar semasa hidup”
Pangeran H Abu Bakar merupakan sosok ulama dan pejuang yang jasanya sangat besar bagi syiar Islam di Banua. Beliau adalah sosok ulama yang peduli terhadap ummat dan masyarakat.
Suasana penuh kekeluargaan sangat terasa pada Peringatan Haulan Pangeran H Abu Bakar di Desa Marindi. Lantunan salawat Nabi Muhammad SAW terdengar sejuk sebagai pembuka peringatan haulan.
Pangeran H Khairul Saleh merupakan dzuriat dekat keturunan ketiga dari Pangeran H Abu Bakar. Ini bisa dilihat dari silsilah sebagai berikut,  Sultan H Khairul Saleh bin Pangeran H Gusti Jumbri bin Gusti Umar bin Pangeran Haji Abu Bakar bin Pangeran Singosari bin Sultan Sulaiman (Dari Karang Intan) yang merupakan saudara Sultan Adam Al Wasiqbillah.

Pangeran Haji Abu Bakar merupakan seorang ulama dan pejuang yang gigih menyebarkan siar islami. Beliau wafat 10 Syawal 1341 Hijriah. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*