Smaveners Juara Pawai Budaya Cinta Museum Lambung Mangkurat 2013

OLYMPUS DIGITAL CAMERACLICKBORNEO.COM –  Dengan tampilan ragam warna, keunikan atraktif, serta kreatifitas yang tinggi akhirnya Smaveners dari SMA Negri  7 Banjarmasin meraih gelar juara pertama pada lomba Pawai Budaya Museum Lambung Mangkurat 2013 dalam rangka Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM), Sabtu, (19/10), di Halaman Museum Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru, kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan pihak Museum Lambung Mangkurat beserta Event Organizer On|Off Project sukses menghadirkan sejumlah pengunjung yang turut meramaikan gelaran tersebut. “Kita bangga sekali dengan kawan-kawan dari komunitas yang turut berpartisipasi. Semuanya terhibur,” ungkapnya kepada clickborneo.com.

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Harian Umum Media Kalimantan. Secara resmi kegiatan dibuka langsung oleh Asisten II Dr Ir Hj Maskamiam Anjam sebagai perwakilan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin. Dihadiri pula sejumlah perwakilan dari Kementrian Agama, Kepala Museum Lambung Mangkurat, Pembina Museum Kebangkitan Bangsa Pusat, dan juga Kepala Diporbudpar Kalsel Drs H Mohandas H Hendrawan.

ananda_Lomba Pawai Budaya Museum Lambung Mangkurat2Usai pembukaan sekaligus juga launching resmi situs resmi kalsel di www.museumkalsel.com. Para undangan kemudian diajak mengunjungi pameran Museum Keliling dari Museum Kebangkitan Nasional di Auditorium Museum Lambung Mangkurat. Kepala Museum Kebangkitan Nasional keliling dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Cahyo kepada wartawan menuturkan, gerakan bersama yang dinamakan Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) didasari tiga pilar utama permuseuman di Indonesia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, kepribadian bangsa, dan ketahanan nasional dan wawasan nusantara.

“Ini landasan kegiatan operasional museum yang dibutuhkan di era globalisasi. Masyarakat mulai kehilangan orientasi akar budaya atau jati diri. Diharapkan museum dapat mempengaruhi dan member inspirasi hal-hal penting dari masa lalu untuk menuju masa depan, katanya.

Acara dilanjutkan dihibur dengan obrolan ringan nan jenaka dari komunitas Natiq yang berisian pentingnya untuk mengenal Museum dan kecintaan terhadap Museum sejak dini. Para penonton juga terpukau dengan aksi beberapa peserta yang di antaranya menari, berteater, juga aksi panggung dari Costum Player Komunitas Harajuku Banjarbaru dengan costume superhero jepang yang digemari sebagian anak-anak pelajar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERADaftar Pemenang Lomba Pawai Budaya Cinta Museum Kalsel 2013

Juara 1 Smaveners dari SMAN 7 Banjarmasin

Juara 2 Sanggar Kembang Mayang

Juara 3 Yakso Brawijaya Putra

Juara 4 Hanoshikoru Banjarbaru

Lomba Kreatifitas Inovasi Yel-yel

Sanggar Kembang Mayang

Sanggar Talas Faperta Unlam

Hadrah STAI Darussalam Martapura

ananda_Lomba Pawai Budaya Museum Lambung Mangkurat4Sanggar idaman banjarbaru

Sanggar Kambang Tigarun

Zanur Grup

STKIP PGRI Banjarmasin

Kelas Tari On|Off

Seni Tari 12-23 Banjarbaru

 

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*