Situasi Non Teknis Dalam Fotografi Panggung

OLYMPUS DIGITAL CAMERACLICKBORNEO.COM – Urusan fotografi panggung, tak kalah penting dengan urusan hal teknis. Para fotografer pemula tak bisa semena-mena menyerobot masuk ke dalam lingkaran mega konser, terlebih berskala Internasional. Sebagai pembiasaan, sering-seringlah dulu membiasakan diri dengan konser-konser kecil lokalan di daerah sendiri. Dari acara kampus, band indie yang menggelar konser di lapangan, atau gelaran pertunjukan di gedung kebudayaan.

Fotografer harus gaul. Tentu saja, sebab hal tersebut menjadi syarat memudahkan fotografer dalam prosedural izin. Kebanyakan dari pantia atau promoter akan mengutamakan kekerabatan agar bisa masuk dalam lingkaran.

Cara paling efektif datang kepada panitia penyelenggara untuk mendapatkan izin. Bisa minta alamat email, telepon, facebook, dan lain sebagainya. Tawarkan saja kepada bahwa anda berutjuan untuk kontribusi dokumentasinya sukarela. Jangan dulu memikirkan Jangan profit dulu. Sebab kebanyakan pihak penyelenggara sudah mempunyai orang yang siaga di bidang dokumentasi publikasi. Beda kasus seorang pewarta foto yang telah dilindungi undang-undang. Mulailah dulu bersahabat dengan mereka agar perihal izin dan sebagainya tidak akan merepotkan dan menyulitkan di waktu mendatang.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAJadilah seorang profesional. Terlebih jika panggung yang kalian tuju adalah band papan atas, artis yang melejit namanya, apalagi yang terkait skandal dan sedang menggelar mega konser di daerah. Maka dalam urusan protokoler, fotografer harus maklum.

Pertama yang paling utama, tempatkan diri sebagai fotografer. Saya kira tak perlu mendayu-dayu mengaku andalah fans beratnya. Apalagi harus histeris saat dekat dengan artis yang di maksud. Biasa saja. Jadilah seorang fotografer profesional.

So, apa yang lagi setelah izin sudah dikantongi? Jangan buru-buru senang. Protokoler biasanya menempatkan kadar waktu memotret. Tak ada salahnya jika fotografer menanyakan perihal waktu, apakah boleh memotret sepanjang konser? Sebab tak sedikit promoter besar hanya mengizinkan para fotografer memotret momentum di awalnya saja.

Kemudian apakah boleh naik ke atas panggung! Jangan buru-buru seenaknya saja. Hindari pengusiran ketika membidik lantaran kesalaha pahaman sepele. Resikonya, memalukan. Hal tersebut berkaitan erat dengan akses fotografer. Termasuk keinginan memotret backstage.

Datang lebih awal. Berusaha benar sejak awal lebih baik daripada mendadak. Jika perlu datangi manajernya, promoter, atau ketua pelaksana penyelenggaran kegiatan. Say HI! Tak ada yang tahu-tahu bisa-bisa anda lah orang yang mendapatkan akses bagus dan menjadi jaringan untuk menjalin kerjasama yang lebih solid dan menjanjikan. Lantas, tes lighting, check angle, setting kamera. Keep Jepret, dan jangan pernah kau delete. Berangkaaaat!!!!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*