Selamat buat Kepala Daerah Pahlawan Lingkungan

Oleh: Bambang Dedi Mulyadi,  SSos, MAP

CLICKBORNEO.COM – MENGAWALI artikel ilmiah ini, penulis mengucapkan selamat dan sukses kepada empat orang kepala daerah yang oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, terpilih sebagai duta  studi lingkungan  ke Eropa.

waste to energy plant

Terpilihnya kepala daerah ini oleh Kementerian Lingkungan Hidup dilatari penilaian nyata atas kebijakan terukur dalam mendorong dan membangkitkan partisipasi masyarakat terhadap sikap peduli kebersihan lingkungan.

Salah satu indikator penilaian pusat adalah keberhasilan pemerintah daerah dan masyarakat dalam mempertahankan penghargaan Adipura serta prestasi nasional lingkungan lain yang memberikan dampak bagi  kelestarian alam.

Sebagai masyarakat Kalimantan Selatan, kita patut bersyukur dan berbangga.  Karena dari empat orang kepala daerah yang ditunjuk Kementerian Lingkungan Hidup untuk mewakili Indonesia pada studi komparasi lingkungan,  terdapat nama Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh.

Bersama tiga kepala daerah lain masing-masing Bupati Lamongan, Walikota Ambon dan Walikota Pekan Baru, Bupati Sultan H Khairul Saleh didampingi Duta Besar RI untuk Republik Ceko dan Jerman serta pejabat Kementerian Lingkungan Hidup, selama beberapa hari sejak 8 September  2013, diberikan kesempatan untuk melihat secara dekat tentang bagaimana  pengelolaan lingkungan yang mengedepankan keramahan alam di negara maju tersebut.

Bupati/walikota peserta studi lingkungan yang oleh Kementerian Lingkungan Hidup dalam setiap acara resmi selama di Ceko maupun Jerman diperkenalkan sebagai kepala daerah pahlawan lingkungan, juga diberikan kesempatan bertemu dengan para pengusaha profesional  bidang pengelolaan lingkungan dan sumber energi terbarukan di  negara Eropa.

Menurut Deputi Bidang Limbah Kimia, Limbah Berbahaya dan Limbah Padat Kementerian Lingkungan Hidup,dalam pertemuan resmi di Kantor Kedutaan Besar RI, di Ceko, Rasio Ridho Sani,  kedatangan delegasi Kementerian LH bersama kepala daerah pahlawan lingkungan  merupakan apresiasi atas komitmen dan kerja keras mereka dalam mengokohkan kebersamaan dengan masyarakat untuk menjaga dan merawat lingkungan. Tujuan lain meningkatkan pengetahuan dan wawasan terhadap perbaikan kualitas lingkungan yang lebih modern dan maju.

Seperti saat  berada di Republik Ceko misalnya, bersama Duta Besar RI untuk Ceko,  Emeria WA Siregar dan pejabat Kementerian LH, mereka  (kepala daerah, red) pada Selasa (10/9), diundang resmi oleh pemerintah Ceko untuk beraudensi dengan pengusaha nasional negara setempat. Bahkan dalam pertemuan itu,  para pengusaha Ceko  bergerak di bidang pengelolaan limbah dan energi terbarukan menyatakan kesediaan menanamkan investasi ke Indonesia.

Sebagaimana dirilis CLICKBORNEO.COM secara Online,  hampir tidak ada waktu senggang  selama kepala daerah ini melakukan studi komparasi. Sejak awal kedatangan di Republik Ceko Selasa 8 September 2013, mereka oleh pejabat Kementerian Hidup yang turut mendampingi dipertemukan dengan Kedubes RI untuk Ceko. Kemudian esok harinya langsung beraudiensi dengan pejabat dan pengusaha Ceko. Bahkan tidak ingin melewatkan kesempatan belajar, di saat perjalanan menuju Jerman, empat orang kepala daerah kembali diajak untuk melihat dekat bagaimana pengelolaan limbah di Kota Trebon Bohemia.

Sebagai Magister Administrasi Publik, penulis mengapresiasi positif reward dari Kementerian Lingkungan Hidup RI untuk kepala daerah peduli lingkungan ini.

Dalam analisa ilmu kebijakan publik adalah sebuah kelayakan bagi pemerintah untuk mengapresiasi warga negara atau pejabat publik yang berjasa membangun komunikasi dengan masyarakat dalam mendukung kebijakan-kebijakan negara. Dalam konteks ini adalah dukungan nyata terhadap kebijakan lingkungan hidup hingga berdampak positif  terhadap perubahan perilaku dan budaya masyarakat.

Lebih konkret lagi, penulis ingin mencontohkan bagaimana kerja keras Pemerintah Kabupaten Banjar berjuang meraih penghargaan Adipura hingga berhasil meraih  Adipura selama  dua tahun berturut-turut,  yakni di tahun 2012 dan 2013..

Pertimbangan rasional penulis mencontohkan Kabupaten Banjar dilatari daerah dikenal sebagai ladang ulama dan santri ini adalah satu-satunya kepala daerah di Kalsel, bahkan Kalimantan  yang ditunjuk pemerintah untuk mengikuti studi komparasi lingkungan ke Eropa. Selain itu pada tahun 2013, Kabupaten Banjar tercatat satu-satunya kabupaten/kota di Kalsel yang berhasil meraih Adipura melalui Kota Martapura.

Bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banjar untuk meraih penghargaan Adipura  tentu tidak mudah.  Tidak cukup hanya tekad dan kerja keras dari pemerintah dan masyarakat.

Paling strategis lagi adalah kecerdasan dari seorang kepala daerah dalam  mengelola potensi dan sumber daya yang ada atau mencari strategi model –model kebijakan pembangunan secara holistik untuk membangkitkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat.

Strategi ini telah diperankan Sultan H Khairul Saleh melalui kebijakan terukur melalui program-program rildi bidang kebersihan lingkungan. Hasilnya Adipura yang telah lama dinanti selama  26 tahun sejak dicanangkan pemerintah tahun 1986, baru di era kepemimpinan Khairul Saleh Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan tersebut .

Sebagai seorang pemimpin yang sangat menghargai kebersamaan, H Khairul Saleh mengapresiasi secara khusus petugas kebersihan yang menurutnya mereka lah yang layak disebut sebagai pahlawan lingkungan. Rasa terima kasih tersebut diwujudkannya dengan mengundang secara khusus seluruh petugas kebersihan sebelum ia bertolak ke Eropa.

Sekarang yang menjadi tantangan besar bagi pemerintah daerah dan masyarakat Kalimantan Selatan umumnya dan Kabupaten Banjar khususnya adalah perjuangan untuk mempertahankan prilaku masyarakat agar selalu peduli terhadap kebersihan. Kita doakan di tahun mendatang semoga keberhasilan Kabupaten Banjar menjadi inspirasi bagi daerah lainnya terutama di Banua. []

Penulis : Pemerhati Masalah Sosial dan Pemerintahan

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*