Salurkan Bakat Positif Lewat Seni Kaligrafi

CLICKBORNEO.COM – Syiar budaya lokal dan keagamaan yang saat ini dinilai mulai tergeser oleh arus globalisasi modern hendaknya dapat disikapi secara serius oleh semua kalangan, khususnya oleh keluarga, masyarakat, pemerintah daerah termasuk lembaga-lembaga sosial kemasyarakat lainnya.

Lomba Kaligrafi

Demikian juga dengan Kesultanan Banjar yang dalam perhelatan Milad Kesultanan Banjar ke 509 tahun 2013 ini menggelar lomba Kaligrafi untuk dua kategori, yakni kategori peserta SMU sederajat dan SLTP sederajat yang dijgelar Selasa (12/11) di Islamic Center Mufti Tuan Guru Besar KH. Anang Dzajuli Seman Martapura.

Ratu Hajjah Raudatul Jannah Khairul Saleh atas nama Kesultanan Banjar pada acara tersebut menyampaikan, lomba Kaligrafi se-Kalimantan Selatan adalah bentuk perhatian Kesultanan Banjar terhadap budaya keagamaan yang di dalamnya memuat seni dan tata cara berkreasi melalui seni kaligrafi.

Lomba Kaligrafi 1

Ia mengungkapkan, melalui kegiatan lomba kaligrafi tersebut diharapkan para generasi muda, khususnya generasi muda Islam dapat menyalurkan bakat dan kemampuannya dalam seni secara terarah dan tepat sasaran.

Sementara itu koordinator kegiatan lomba Kaligrafi se-Kalimantan Selatan Musikatik melaporkan, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 43 orang yang terdiri dari 28 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Peserta berasal dari Hulu Sungai, Banjarbaru, Banjarmasin serta sekolah yang ada di kecamatan-kecamatan se- Kabupaten Banjar.

Keluar sebagai juara I lomba Kaligrafi se- Kalimantan Selatan kategori putera adalah M. Rifki Ridani dari Al-Falah Banjarbaru, juara II dan III masing-masing diraih oleh Aldin Akbari R dari MTsN Model Martapura, dan Dedi Ristianto dari SMA Muhammadiyah Martapura.

Untuk juara I kategori Puteri diraih oleh Najiha Tantri Yunitati dari SMPN Banjarbaru, sedangkan juara II d diraih oleh Rizka Azizah Hayati SMAN I Mataraman, dan juara III Nabila Emiliyana Puteri dari SMPN 4 Martapura. Masing-masing juara lomba mendapatkan hadiah berupa piagam dan piala serta uang pembinaan dari panitia lomba. (say)

One Response to Salurkan Bakat Positif Lewat Seni Kaligrafi

  1. juara 1 Najiha Tantri Yuniati dari SMPN 5 Banjarbaru

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*