Resmikan Bank Sampah SMPN 2 Banjarbaru

CLICKBORNEO.COM – Walikota Banjarbaru Hm Ruzaidin Noor didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Drs H Ahmadi Arsyad menghadiri peresmian Bank Sampah “Bumiku” SMPN 2 Banjarbaru, Kamis, (28/11), di halaman SMPN 2 Banjarbaru, kemarin.

Kepala Sekolah SMPN 2 Banjarbaru Rosewati menuturkan, keberadaan Bank Sampah di sekolahan tersebut tentu tak lupur dari bantuan masyarakat sekitar dan peran serta Pemerintah Kota sebagai dukungan yang diberikan kepada pihak sekolah.

“Sehingga peresmian Bank sampah ‘Bumiku’ SMPN 2 dapat terlaksana. Selain itu kepedulian sekolah terhadap lingkungan terus kita prioritaskan terutama pengelolaan sampah di sekolah. Kami juga membutuhkan bantuan untuk ruangan  administrasi bank sampah,” kata Rosewati saat sambutan.

Ruzaidin memberikan apresiasi terhadap upaya SMPN 2 Banjarbaru dalam menggalakkan program Bank Sampah di sekolahan mereka. Menurutnya, pengoperasian bank sampah merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengajak mulai dari anak-anak, siswa termasuki masyarakat dalam menjaga lingkungan dan  mencintai hidup bersih.

peresmian bank sampah“Bagi pemerintah keberadaan bank sampah ini akan menurunkan volume sampah yang akan dibawa ke tempat pembuangan akhir. Dan yang lebih luas lagi adalah mengubah paradigma pemikiran masyarakat tentang sampah. Aksi ini merupakan bukti nyata. Kecintaan dan kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan. Salut atas program bank sampah ini. Diharapkan keberadaan bank Sampah “Bumiku” di lingkungan SMP Negeri 2 Banjarbaru dapat memberikan pembelajaran serta menjadi solusi dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan,” ingatnya.

Menurutnya, sebenarnya yang menjadi masalah bukanlah volume sampah melainkan bagaimana masyarakat dapat mengamalkan hidup bersih dan sehat.

“Permasalahan sampah bukanlah masalah yang sepele, tetapi sampah juga bukan masalah yang menakutkan. Maka dari itu sampah justru harus dikelola untuk mendapatkan nilai tambah,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan, Ruzaidin berjanji menganggarkan dana untuk pembangunan ruang administrasi bank sampah Bumiku SMPN 2 Banjarbaru pada tahun 2014 nanti melalui Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*