Pulang Haji, 40 Hari Tak Keluar Rumah

CLICKBORBNEO.COM – Dalam masyarakat Banjar tempo dulu, ada satu kebiasaan mereka yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji, yakni beberapa hari tidak keluar. Selama itu, yang bersangkutan tidak mencari nafkah, fokus  mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pulang Haji 2

Sebagaimana pengalaman Hj Badiah, ia mengaku begitu kembali ke Tanah Air selama 40 hari tidak keluar rumah, konsentrasi untuk ibadah. Karena menurut keyakinannya dalam rentang waktu tersebut, malaikat terus mengawasi perbuatannya.

“Semua tergantung keyakinan masing‑masing. Ada yang melakukan seminggu, bahkan sampai 41 hari. Dalam artian bukan sama sekali tidak keluar rumah, karena kalau kebetulan dapat undangan saya juga akan menghadirinya. Yang jelas selama 40 hari tersebut saya tidak mencari nafkah,” ujar Hj. Badiah.

Ia mengaku sama sekali tidak merasa berat melakukan semua itu. Dan mengenai masalah rejeki, tambahnya, Allah sudah mengaturnya.

Selama 40 hari tersebut, ia memperbanyak ibadah. Kenapa tidak keluar rumah, alasannya untuk mempertahankan kemabrur­an haji. Sebab kalau bergaul peluang untuk berbuat dosa yang tidak disadari kemungkinan lebih besar.

Tapi tradisi masyarakat Banjar ini, katanya, sekarang sudah mulai luntur. Tuntutan dunia kerja yang padat agaknya kurang memungkinkan orang yang baru pulang dari berhaji berlama-lama tidak keluar rumah.  (ali)

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*