Polisi Online Antisipasi Kejahatan Dunia Maya

polisi onlineCLICKBORNEO.COM – Internet rawan dengan aktifitas penyalahgunaan. Ruang lingkup tak terbatas, membuat setiap orang memiliki kesempatan berbuat kejahatan di dunia internet. Salah satunya adalah modus penipuan berkedok toko online (e-Commerce). Bagi mereka yang tak waspada dan berhati-hati sangat mungkin menjadi korban penipuan di internet.

Berdasarkan laporan Yayasan Nawala Nusantara (Nawala), yang tidak hanya fokus menangani situs pornografi di Indonesia, mereka telah menemukan 600 situs e-Commerce palsu.

“Sampai saat ini sudah terdata lebih dari 600-an situs penipuan online, dan masih terus akan bertambah. Untuk itulah kami menghimbau pengguna inetrnet untuk berhati-hati dlm melakukan transaksi online, dan untuk lebih menambah keyakinan dalam bertransaksi, gunakan DNS Nawala,” ungkap Yayasan Nawala.

Informasi tersebut membuktikan bahwa, dibutuhkan keseriusan untuk menangani penipuan berkedok toko online (e-Commerce). Mengingat, perkembangan e-Commerce di Indonesia sangat pesat. Survei Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat nilai transaksi e-commerce pada tahun 2012 mencapai Rp 126 triliun. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2011 dimana nilai transaksi e-commerce mencapai Rp 63 triliun.

Dalam pantauan CLICKBORNEO.COM, upaya meredam aksi penipuan toko online telah dilakukan oleh berbagai pihak. Selain Nawala, Pengelola Domain Indonesia (PANDI), juga POLISIONLINE.COM.

Dalam kesempatan kali ini, clickborneo.com akan fokus mengulas sedikit tentang polisionline.com. Jika kita mengunjungi situsnya, di situ tertulis polisionline.com memberikan peringatan kepada pengunjung, “AWAS!!! BANYAK TOKO ONLINE PENIPU“.

Polisionline.com berusaha untuk memonitor tindak kejahatan di dunia maya, khususnya toko online. Baik toko online melalui Website, Facebook atau dari laman lainya. Mereka memberikan informasi berupa daftar toko online penipu. Selain itu, anda akan mendapat tips dan boleh meminta bantuan mereka untuk memeriksa toko online yang anda tuju.

Siapa polisionline.com?

Ketika membaca di halaman “Tentang kami’, justru kita tidak tahu siapa dibalik polisionline.com. Karena hanya tertulis bahwa mereka bukanlah Polisi yang sebenarnya, Mereka hanya ingin berbagi informasi yang pastinya mendatangkan kebaikan untuk kita semua. Selebihnya, informasi Visi dan Misi Polisionline.com.

Kenapa harus anonim?

Menyuarakan kebaikan kepada publik secara terang-terangan seringkali dianggap akan mendatangkan masalah bagi diri sendiri. Itu sebabnya anonimitas – meski dianggap sebagian orang tidak bertanggung jawab – lebih aman dibandingkan membuka jati dirinya. Terlebih informasi yang disampaikan sangat sensitif. Contohnya tentang Toko Online Palsu.

Setelah mempelajari dengan cepat tentang polisionline.com, dugaan adanya teror dari orang-orang yang merasa dirugikan dengan adanya polisionline.com, bisa dilihat melalui banner merah yang memberikan informasi bahwa layanan sms telah ditutup dan diganti dengan layanan formulir.

Tips Belanja di Toko Online

Polisionline.com memberikan tips belanja di toko online seperti berikut:

  1. Belilah Produk di kota terdekat dimana anda tinggal dan COD.
  2. Pilih Toko Online Terpercaya, jika ragu tanyakan ke kami.
  3. Jangan mudah percaya dengan Orang yang tidak anda kenal.
  4. Mintalah alamat jelas penjual.
  5. Usahakan gunakan pembayaran melalui jasa REKBER.

Ciri-ciri Toko Online Penipu

Polisionline.com memberikan tips ciri-ciri toko online penipu seperti berikut:

  1. Produk yang mereka jual jauh lebih murah dibanding toko resmi.
  2. Tidak menerima pembayaran melalu REKBER.
  3. Tidak punya nomor TELEPON pemasaran resmi.
  4. Nama REKENIG BANK gonta-ganti.
  5. Terkadang OPERATOR sangat mencurigakan.

Menutup tulisan ini, kami kutip himbauan dari polisionline.com, “Tetap waspada dan berhati-hatilah memilih toko online, mereka bisa saja sewaktu-waktu mengganti Alamat, Nama Domain, Nama Toko Online, Nomor Telepon/Hp untuk membuat tindak kejahatan atau modus penipuan secara online. Tanyakan orang yang lebih paham sebelum berbelanja online.”

10 Responses to Polisi Online Antisipasi Kejahatan Dunia Maya

  1. Fenomena munculnya PolisiOnline.com kalo mnrt gw fungsi aparat negara yang diambil alih oleh sipil bernama Erwan Saputra. Pertanyaannya kemana Polisi negara yg harusnya membantu kita mengamankan transaksi online? Pertanyaan berikutnya apakah saudara Erwan Saputra (pengelola PolisiOnline.com) berhak melakukan fungsi Polisi dan mengatas namakan polisi? Sempat ada bahasan dr aparat atas web ini.

  2. Maaf pak boleh sy mnta tolong.
    Apkah sutralove adalah toko online bisa dpt dipercaya

  3. Hanya tambahan : selain mengecek ke situs polisi online dan semisalnya, kita juga harus memastikan alamat yang tertera di web mereka tersebut benar atau tidak. Jika memungkinkan minta bantuan teman yang tinggal disekitar alamat tersebut untuk mengecek keberadaan toko tersebut, apakah benar atau fiktif belaka.

  4. ada unsur penipuan yang meng atas namakan PT ARUTMIN INDONESIA..
    ini alamat email nya hrd.arutmin@dr.com lowongan terpampang rapi di situs stikes mb.. contac person nya atas nama dody setiawan katanya 082329880666.

    mohon agar di tindak sebelum bertambah banyak korban yang kena tipu darinya… karena mereka meminta pembayaran pemberangkatan menggunakan travel…..

    dari banjarmasin
    terimakasih.

  5. Maaf mau nanya nih, udah ada yang pernah berbelanja di web ini belom?
    gradaphone.com/

    Ini harganya MURAH2 banget.. Coba deh cek.. Betul ato enggak ya? Mau pesen tapi takut ketipu..
    Siapa tau ada yang pernah transaksi di web ini, mohon info nya ya..
    thx

  6. afriando

    HATI-HATI PENIPUAN DI TOKOBAGUS MENJUAL KAMERA DIGITAL MURAH

    NO.085226973999 28C3773F

    NO.082317791888 IN 22E8D714

    uang sdh dikirim brg nga nyampe.,,,perlu hati-hati

  7. Effendi Budi Prayitno

    Shop Online berikut ini telah memasang foto saya dengan menggunakan nama: Budi Waluyo untuk memberikan testimoni. Hal tersebut tidak benar. Mohon kiranya yang berwajib melakukan investigasi dan menindak pemilik Shop Online tersebut. Link-nya : http://ifaolshop.blogspot.com/

  8. saya mau pastikan. apa web ini aman? btmponsel.com/index.php?route=product/product&path=51&product_id=162
    saya mau belanja online. tp tkt kena tipu.
    mohon bantuannya pak.
    tq

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*