Para Pencari Kerja Membludak di Dinsosnaker Kota Banjarbaru

Para Pencari Kerja Membludak di Dinsosnaker Kota BanjarbaruSebagian Besar Adalah Sarjana

CLICKBORNEO.COM – Entah lantaran diumumkannya kuota CPNS di Kota Banjarbaru atau ada hal lain, belakangan ini para pencari kerja tampak membludak mendatangi Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) di Kota Banjarbaru. Hal demikian terlihat kemarin, Rabu, (4/9), di ruangan penerimaan pendaftar Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja Dinsosnaker Kota Banjarbaru.

Kepala Dinsosnaker Kota Banjarbaru Drs H Hilman MM kepada clickborneo.com menuturkan, sebagian dari para pencari kerja tersebut bukan pengangguran murni. Artinya, banyak di antara mereka yang memang telah memiliki pekerjaan namun tampaknya kembali menginginkan untuk menjadi CPNS.

“Kita membenarkan dalam beberapa bulan belakangan para pencari kerja yang mendaftar semakin banyak. Bisa jadi alasan mereka karena ingin mendaftar menjadi CPNS. Tapi sebagaimana data dan informasi yang kita terima mereka yang mendaftar bukan berarti pengangguran murni. Sebagian ada yang telah berhenti di pekerjaannya yang lama untuk mencari pekerjaan yang baru,” bebernya.

Mengatisipasi ledakan yang biasa disebut masyarakat dengan kartu kungin ini maka pihaknya telah mengimbau kepada semua pegawai untuk meningkatkan pelayanan full tanpa jeda.

“Jadi para pegawai tidak kita biarkan meninggalkan tempat duduk mereka. Ini demi pengoptimalisasian pelayanan kepada masyarakat. Kita melayani full dari pagi sampai sore,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Ir M Waridin menyampaikan, hal demikian sudah lumrah dan rutin setiap setahun sekali. Terlebih ketika kabar penerimaan CPNS diumumkan di badan kepegawaian baik itu dari daerah/kota atau provinsi.

“Sebagaimana yang terdata dari keseluruhan, lebih dari 50 persen para pendaftar itu sudah bekerja jadi bukan pengangguran murni. Namun sudah seharusnyalah mereka meninggalkan pekerjaan lama kalau memang ingin memiliki kartu pencari kerja tersebut,” bebernya.

Diinformasikannya hingga akhir Agustus kemarin tercatat 2.473 orang pendaftar dari bulan Januari hingga akhir Agustus lalu. Sedangkan data per bulan Agustus kemarin terinci 1.112 adalah lulusan sarjana (S1). Sedangkan 165 lagi adalah lulusan SMA. Kemudian 6 orang pendaftar lain lulusan SD.

“Angka 2.473 tersebut merupakan data hasil kalkulasi dari bulan Januari hingga Agustus 2013. Termasuk data campuran antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Namun kita pastikan para pendaftar didominasi oleh perempuan,” pungkasnya.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*