Panwaslu dan KPU Rawan Kecurangan

CLICKBORNEO.COM – Pemilukada di Kota Banjarbaru tinggal lagi menghitung bulan. Aparatur di sekitar lingkup sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun sudah berbenah-benah. Sedangkan keterlibatan KPU dan Panwaslu menjadi tonggak demkorasi yang menjunjung tinggi akan kejujuran dan keadilan.

Menanggapi fenomenal yang telah menjadi rahasia umum tersebut, Sekretaris KPU Kalsel Bambang Setiawan di Banjarbaru sempat mengimbau agar seluruh aparatur KPU baik itu tingkat kabupaten dan kota wajib netral.

“Dalam tahap pemilihan umum Panwaslu dan KPU harus netral. Dan jangan sampai terkadi Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme,” ujarnya usai pelantikan pejabat eselon III dan IV sekretariat KPU Kota Banjarbaru di Aula Gawi Sabarataan Pemkot Banjarbaru belum lama tadi.

Menurutnya, aparatur KPU baik itu sekretaris maupun pejabat struktural dan staf terkhusus Panwaslu harus bisa menjaga netralitas dengan tidak memihak individu maupun golongan atau kelompok. Terlebih lagi menerima uang suap untuk memanipulasi daftar pemiilih yang jelas-jelas suatu kecurangan.

“Jangan sampai tersebab alasan dekat dengan individu atau suka dengan salah satu golongan apalagi perorangan caleg lantas membela dengan mengesampingkan netralitas, maka sangat tidak dibenarkan. Dan telah menyalahi tugas utama di lembaga tersebut,” tegasnya.

Ia menekankan, seluruh aparatur di lingkup sekretariat KPU memiliki tugas sebagai fasilitator bidang teknis dan adminitrasi untuk mendukung anggota KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum baik pemilu legislatif maupun pemilihan kepala daerah.

Di samping itu juga dipaparkan bahwa aparatur KPU mesti pro aktif melaksanakan tugas. Sebagaimana procedural tahapan pemilu sehingga rangkaian pemilu yang sudah terencana berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Tak ada keringanan. Pokoknya seluruh aparatur KPU wajib pro aktif dan bekerja mengikuti tahapan pemilu. Jadwal sudah ditetapkan maka harus selesai sesuai target. Tidak ada alasan,” pungkasnya.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*