Minimalisir Perilaku Menyimpang di Kalangan Pelajar

CLICKBORNEO. COM – Maraknya perilaku menyimpang di kalangan pelajar, seperti tawuran, pengguna narkoba, serta patologi sosial lainnya, menjadi kekhawatiran pemerintah pusat hingga daerah. Untuk meminimalisir hal itu, Kesbangpol Kalimatan Selatan bekerjasama dengan Kesbangpol Kabupaten Banjar menggelar roadshow Sosialisasi Kebangsaan bagi pelajar SLTA sederajat, Selasa (17/9) di Aula Barakat Pemkab Banjar.

Kesbang

Kepala Kesbangpol Kalsel, Hermansyah Manaf,  mengatakan fakta di lapangan sebagaimana bisa dilihat di media cetak maupun elektronik, beberapa pelajar kerap melakukan tindakan yang jauh dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Mereka sering berbuat anarkis, terlibat perkelahian massal dan pergaulan bebas.

Fenomena tersebut, kata Hermansyah, tidak boleh dibiarkan. Harus diminimalisir, bahkan jika memungkinkan, dihilangkan dari diri pelajar. Sebab, hal itu bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, norma agama dan sosial masyarakat.

Untuk itulah, Kesbangpol Kalsel bekerjasama gencar melakukan sosialisasi dan pembinaan bagi kalangan pelajar, khususnya tentang nilai-nilai kebangsaan, rasa nasionalisme, serta bahaya perilaku menyimpang.

“Dengan pembinaan tersebut, diharapkan para pelajar Kalsel kembali kepada tujuan utama mereka sebagai pelajar,  yaitu taat pada aturan sekolah, belajar dengan sebaik-baiknya, hingga lulus dari lembaga pendidikan masing-masing dengan prestasi terbaik,” imbuh Hermansyah.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar,  Drs. Syahda Mariadi,  pada pembukaan kegiatan mengingatkan, pelajar sebagai generasi harapan bangsa harus mampu menjadi sosok yang terampil, pandai serta menjaga keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia.

Ia berharap, melalui roadshow Sosialisasi Kebangsaan bagi pelajar SLTA sederajat ini, para pelajar di Kabupaten Banjar dapat menjadi sosok yang mampu diandalkan dalam meneruskan pembangunan, baik di tingkat daerah maupun  nasional. (humas)

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*