Menulis Modal Sukses Berkarir

CLICKBORNEO.COM – Tidak hanya mengabdi dan mengajar di sekolah, menulis artikel di media massa juga dapat menaikan karir kepangkatan  guru. Artikel yang dimuat di media massa bisa menjadi modal untuk mendapatkan poin kenaikan pangkat pendidik, akan tetapi untuk melakukan upaya tersebut, dibutuhkan kemauan dan kemampuan dari guru itu sendiri.

Guru Menulis

Sekitar 250 orang tenaga pendidik se Kabupaten Banjar mengikuti pelatihan penulisan artikel untuk guru di Mahligai Sultan Adam Martapura Kabupaten Banjar, Kamis (27/3). Pelatihan ini terselenggara atas prakarsa sebuah surat kabar harian terbitan Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan.

Pelatihan ini juga didukung oleh PT Hasnur Group, Hasnur Centre, Duta TV, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar dan Humas Setda Banjar.

Pelatihan penulisan artikel untuk guru ini dibuka secara resmi oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Jannah dan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Rakhmad Dhany, Kasubag Publikasi Humas Setda Banjar Bambang Dedy Mulyadi, Verdy Bagus Hendratmoko Selaku Narasumber, para kepala sekolah dan undangan penting lainnya.

Dalam sambutannya, Hj Raudathul Jannah mengatakan pelatihan penulisan artikel bagi guru ini yang menjadi salah satu bukti keseriusan dalam meningkatkan kualitas guru di bumi Barakat ini. Sehingga kedepan tekad pemerintah untuk menjadikan guru yang memiliki kompetensi di dunia pendidikan bisa terwujud.

Guru Menulis 2

Menguatnya harapan publik terhadap peningkatan kualitas guru menuntut dunia pendidikan untuk selalu melakukan berbagai pembaharuan dan terobosan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Terutama dalam hal peningkatan kualitas guru itu sendiri, sehingga diharapkan mampu mengejar ketinggalan dalam pendidikan dari negara-negara lain. “Oleh karena itu kita sangat perlu terus mengembangkan keahlian para guru termasuk dalam menulis artikel,” katanya.

Pada kegiatan pelatihan penulisan artikel untuk guru di Kabupaten Banjar bertindak sebagai narasumber HRD Media Kalimantan Verdy Bagus Hendratmoko, yang dalam materinya memaparkan kenapa guru harus berlatih penulisan popular. Ia menjelaskan sebagaimana Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 16 tahun 2000 tentang Jabatan Fungsional Guru dan angka kreditnya, kemudian Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : 03/Ve/PB/2010 tentang petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya serta peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 35 tahun 2010 tentang petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.
Salah satu penyumbang angka kredit untuk syarat kenaikan pangkat dan jabatan itu adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan, di dalamnya melaksanakan publikasi ilmiah, salah satunya membuat tulisan popular di bidang pendidikan formal dan pembelajaran yang dipublikasikan di media massa. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*