Memanfaatkan Alexa Sebelum Pasang Iklan

CLICKBORNEO.COM Memasang iklan juga bagian dalam aktifitas internet marketing. Ada kalanya agresifitas sangat diperlukan dalam memasarkan produk lewat internet. Jika Anda memiliki budget promosi untuk memasang iklan di situs-situs orang lain, khususnya blog atau forum, maka hasil analisa yang diberikan Alexa bisa menjadi bahan pertimbangan.

Riset situs Anda di situs mereka. Menurut saya itulah kuncinya. Apakah Anda mengeluarkan uang hanya untuk situs yang tidak jelas pengunjungnya? Alexa memberikan ranking untuk semua situs. Sebelum dana promosi Anda habis sia-sia, tak ada salahnya mempelajari data yang diberikan Alexa. Cara membaca Alexa Rank adalah;

Semakin kecil rangking Alexa, itu menunjukkan situs tersebut sering mendapat kunjungan. Sebaliknya, semakin besar ranking Alexa, situs tersebut sepi kunjungan. Dari segi wilayah, Anda juga bisa memilah asal negara pengunjung. Jika bisnis Anda di Indonesia, maka penting Anda mempelajari popularitas situs tempat Anda memasang iklan berdasarkan ranking Indonesia.

Selain jumlah dan negara pengunjung, Anda bisa mempelajari ‘Top Keywords from Search Engines‘ atau ‘Kata kunci Teratas dari Mesin Pencari‘ yang sering digunakan pengunjung.

Sederhananya begini, jika Anda memiliki situs jualan komputer dan aksesorisnya, sementara blog atau forum tempat Anda ingin memasang iklan ternyata kata kunci teratasnya adalah mesin pompa air, baju wanita, tanaman obat, dan lain-lain, menurut saya ada ketidakcocokan dari segi marketing. Banyak pengunjung datang bukan mencari informasi yang sesuai dengan produk jualan Anda. Maka peluang promosi atau memasarkan produk Anda dari situs tersebut sangat kecil.

Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan sekaligus mengabaikan prinsip-prinsip di atas selama:

– Harga iklan yang ditawarkan relatif murah

– Situs tersebut memiliki kategori / artikel yang sama dengan produk kita.

– Pemilik situs mengijinkan iklan kita dipasang pada kategori / artikel tertentu yang sesuai dengan produk kita.

Kata sebagian orang, Alexa itu tidak penting. Tapi Anda perlu tahu kapan tidak mengabaikannya. Silakan baca kapan tidak mengabaikan Alexa Rank.

2 Responses to Memanfaatkan Alexa Sebelum Pasang Iklan

  1. mantap gan informasinya…..

  2. Mantap. Jadi tau klo pasang iklan harus pilih yang mana. Bravo clickborneo…

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*