Melatih Anak Kecil Puasa

CLICKBORNEO.COM – Kendati puasa Ramadan bukan kewajiban bagi anak-anak kecil, tapi sejak dini sudah harus dilatih sesuai batas kemampuannya. Jika tidak, sampai dewasa pun mereka tak akan kuat berpuasa.

 anak berpuasaMelatih anak berpuasa perlu ditanamkan sejak dini. Untuk itu, orangtua harus bijak dalam membimbing mereka, baik dalam bentuk dialog maupun tindakan konkret.

“Anak kecil kan tidak wajib puasa, tapi kok sudah disuruh? Kenapa tidak menunggu baligh saja?” tanya Izhar Ahmad beberapa tahun lalu.

Dengan sabar, si ayah, Ahmad Barjie menjelaskan bahwa puasa itu tidak sama dengan ibadah lainnya, puasa memerlukan pembiasaan sejak dini. Kalau tidak dilatih sejak kanak-kanak, maka sampai dewasa si bersangkutan tidak akan sanggup puasa. Sebab, berdasarkan pengamatannya tidak sedikit orang yang walaupun sudah dewasa, tapi tak kuat berpuasa. Itu pasti karena tidak ada pembiasaan dari awal.

Tentu saja, imbuh sekretaris Yayasan Suaka Ananda ini, penjelasan itu disesuaikan dengan bahasa dan daya nalar si anak.

Sedangkan dari aspek sosial, tambahnya, puasa bertujuan untuk melatih lapar, agar mereka bisa merasakan bagaimana beratnya lapar itu. Dengan demikian, si anak akan terdorong untuk membantu fakir miskin atau pengemis yang hidup serba kekurangan.

Supaya anak semakin termotivasi untuk berpuasa, juga perlu direcoki pemahaman bahwa pahala puasa itu luar biasa, besarnya tiada terhitung. Salah satu golongan yang dirindukan surga adalah orang yang berpuasa. Bahkan, Allah sengaja menyediakan pintu khusus surga bernama Ar-Rayyan, yang diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa.

Termasuk membayang-bayangi anak dengan kisah, supaya mereka mengerti tentang pentingnya puasa.

“Untuk membiasakan anak-anak puasa, jangan ditunda-tunda alias menunggu tahun depan. Kalau bukan dilatih dari sekarang, seumur hidup mereka tidak akan mampu puasa!” tegas Barjie.

Sebab, berdasarkan pengamatannya tidak sedikit orang yang sampai dewasa pun tidak kuat puasa lantaran yang bersangkutan sejak kecil tidak dibiasakan oleh orangtua. Malah, ada ayah yang sengaja melarang anaknya berpuasa karena khawatir bakalan sakit.

“Padahal, tidak seberat itu,” kritiknya. (ali)

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*