Mahasiswa Akper Intan Praktik Kerja Lapangan

CLICKBORNEO.COM – Dalam menjalankan Praktik Kerja Lapangan (PKL) para mahasiswa perlu melakukan komunikasi dan sosialisasi yang baik dengan semua elemen masyarakat di tempat tugas, seperti tetuha masyarakat, tokoh pemuda dan kepala desa setempat. Hal itu  penting agar para mahasiswa dapat diterima di tengah masyarakat, serta dapat melaksanakan tugas PKL secara baik dan mendapat dukungan dari warga sekitar.

PKL Akper Intan

Hal itu ditegaskan Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh dalam sambutan tertulis disampaikan Staf Ahli Bupati Banjar Bidang Pemerintahan H. Muhammad saat melepas mahasiswa Praktik Kerja Lapangan Akademi Keperawatan Intan Martapura,  Senin (14/4) di Aula Kantor Kecamatan Martapura.

Menurut Sultan H. Khairul Saleh, dalam menjalankan PKL para mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi sebaik mungkin dengan suasana kehidupan masyarakat setempat. Ajaklah berkomunikasi melalui bahasa yang sederhana, mudah dipahami dan santun, sehingga masyarakat dapat mengerti dengan apa yang disampaikan, khususnya berkaitan penanganan masalah kesehatan.

Ia juga mengharapkan, kegiatan PKL Akper Intan Martapura dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kepentingan bersama, yakni peningkatan di bidang kesehatan, serta dapat menjadi media pembelajaran dalam rangka peningkatan kualitas tenaga perawat Akper Intan yang profesional dan berkualitas.

Direktur Akper Intan Martapura Sirajuddin, SKM, MKes dalam kesempatan tersebut melaporkan, mahasiswa Akper Intan Martapura tahun akademik 2013/2014 yang melakukan PKL berjumlah 220 orang dan ditempatkan di 5 desa.

Dari 220 mahasiswa tersebut dibagi lagi dalam 12 kelompok, dan 1 kelompok akan menangani 2 Rukun Tetangga (RT), dimana setiap kelompok akan bertugas untuk mengidentifikasi taraf kesehatan masyarakat setempat melalui pengolahan data yang dilakukan selama PKL berlangsung.

Selain itu, para mahasiswa peserta PKL juga dituntut untuk mampu memfasilitasi masyarakat di tempat tugasnya masing-masing, agar mau menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Sementara itu, Camat Martapura Ahmad Khairudin Fakhri saat menerima mahasiswa PKL Akper Intan Martapura berpesan agar dapat melakukan praktik sebaik mungkin, berkomunikasi yang santun tentang arti pentingnya kesehatan terhadap masyarakat di lokasi PKL, serta menjunjung tinggi profesionalisme kelembagaan Akper Intan Martapura. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*