Lebih Irit Tinggal di Asrama Mahasiswa

CLICKBORNEO.COM – Mahasiswa baru kadang bingung mencari tempat tinggal untuk keperluan selama kuliah. Ada lokasi kos yang terbilang strategis dan nyaman, tapi sewanya lumayan mahal. Sebaliknya, ada yang murah, tapi jauh dari kampus. Bahkan, tak jarang karena ingin menghemat pengeluaran mahasiswa rela kos di tempat yang sempit dan kumuh.

Asrama mahasiswa

Padahal, kalau ingin mengirit biaya sebenarnya ada alternatif lain. Mahasiswa bisa tinggal di asrama milik pemerintah daerah. Di Banjarmasin sebagai pusat perguruan tinggi di Kalsel, hampir semua pemerintah kabupaten menyediakan fasilitas asrama untuk mahasiswa.

Taufik Rahman mengaku merasa terbantu sekali dengan keberadaan asrama mahasiswa Tapin di Jalan Gatot Subroto Gang Kemiri, Banjarmasin. Setiap bulan, ia membayar iuran taklebih dari Rp 100 ribu.

“Biaya untuk keperluan listrik dan air ledeng sudah ditanggung oleh pemerintah Tapin,” ujar mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari ini.

Di samping mengurangi pengeluaran, katanya, tinggal di asrama mahasiswa lebih nyaman bergaul. Pasalnya, semua penghuninya berasal dari daerah yang sama.

Keuntungan lain, dekat dengan kampus. Dari asrama mahasiswa Tapin, kalau mau kuliah paling butuh waktu 5 menit berjalan kaki.

Apalagi syarat untuk masuk asrama relatif mudah, yakni menunjukkan KTP daerah asal, mengisi formulir dan menyerahkan pasfoto, dan sudah kuliah semester tiga. Termasuk uang pendaftaran  untuk keperluan asrama.

Namun ketentuan itu bisa berbeda-beda, tergantung pengelola asrama masing-masing daerah.

Ketua asrama mahasiswa Tuntung Pandang, Tanah Laut, Hasbullah, mengatakan, pemkab hanya menyediakan fasilitas, sedangkan mengenai manajemen asrama sepenuhnya diserahkan kepada  organisasi Himpunan Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Tanah Laut (HPPMTL).

Di tempatnya, setelah semester dua baru boleh masuk asrama. Tapi, syarat itu tidak berlaku mutlak. Kalau kebetulan banyak  kamar yang kosong, mahasiswa semester satu pun bisa diterima.

“Semua punya kesempatan yang sama, apakah dia dari keluarga miskin maupun berada,” ujarnya. []

      Syarat Masuk Asrama Mahasiswa

  • Memperlihatkan KTP daerah asal.
  • Melampirkan kartu mahasiswa.
  • Diprioritaskan mereka yang sudah kuliah semester tiga.
  • Mengisi formulir.
  • Pasfoto.
  • Surat perjanjian bersedia menaati peraturan asrama.
  • Membayar iuran setiap bulan.
  • Sesudah diterima langsung melapor dan meminta surat keterangan RT.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*