Launching Pengalihan PBB P2 Sebagai Pajak Daerah

CLICKBORNEO.COM- Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor menghadiri kegiatan Launching Pengalihan PBB P2 Sebagai Pajak Daerah di Kota Banjarbaru, Kamis, (16/1) di Gedung Juang Kota Banjarbaru, kemarin sore.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekdako Banjarbaru Dr Syahriani Syahran, Kepala Kanwil DPJ Kalselteng, Pimpinan Bank Kalsel Kantor Pusat Banjarmasin, Kepala KPP Pratama Banjarbaru, Kepala Kantor Petanahan Banjarbaru dan seluruh Pimpinan SKPD Kota Banjarbaru.

Walikota Banjarbaru dalam sambutannya menyampaikan, salah satu kebijakan pajak daerah yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2009, yakni menetapkan pajak I Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) menjadi pajak daerah.

“Pengalihan PBB P2 ini memerlukan persiapan yang tidak sedikit. Terkait dengan peralihan tersebut Pemerintah telah menerbitkan peraturan bersama Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri No 213/PMK.07/2010 dan No 58 Tahun 2010 tentang tahapan persiapan pengalihan PBB  P2 menjadi pajak daerah,” ujarnya.

Menurutnya, dengan pengalihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) yang menunjang pembangunan daerah disegala bidang.

“Oleh sebab itu, saya mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak di antaranya Kanwil DJP Kalselteng dan KPP Pratama Banjarbaru atas dukungannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan Penandatanganan MoU antara Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor dengan Dirut Bank Kalsel H Juni Rif’at dan Perjanjian Kerjasama antara Kepala DPKAD Kota Banjarbaru Drs H Thalmie Hasani dengan Kepala Bank Kalsel Cabang Kota Banjarbaru Hj Syarifah Nunung.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*