LAKIP Banjar Raih Penghargaan Menpan

CLICKBORNEO.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI,   Azwar Abubakar,  mengapresiasi positif atas ketaatan Pemerintah Kabupaten Banjar dalam menyampaikan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) secara tepat waktu.

LAKIP

Hal tersebut diutarakan Menpan Azwar Abubakar saat menyerahkan Sertifikat Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah Tahun 2013  kepada beberapa daerah, termasuk Kabupaten Banjar, di Kantor Kementerian Menpan Reformasi Birokrasi RI, di Jakarta beberapa waktu lalu.

 “Penyampaian LAKIP secara tepat waktu merupakan cermin  dari ketaatan sebuah pemerintahan daerah terhadap peraturan pemerintah. LAKIP merupakan elemen penting untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan publik yang diberikan pemerintah daerah,” ucapnya.

Menpan Azwar Abubakar juga mengingatkan pemerintah daerah harus lebih bekerja keras dan berani melakukan inovasi  bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Citra pemerintahan daerah baik di tingkat pusat maupun daerah sangat tergantung dari citra pelayanan publik yang telah diberikan.

“Paling penting lagi pemerintah daerah harus terus berusaha keras meningkatkan kualitas pelayanan strategis bagi masyarakat sebagaimana tercermin dalam indkator kinerja utama (IKU) , seperti bidang kesehatan, pendidikan dan pencatatan sipil serta bidang-bidang pelayanan publik utama,” tandasnya.

Sekda Banjar Ir H Nasrun Syah, MP mengungkapkan rasa syukur dan gembiranya atas prestasi dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.  Menurut H Nasrun Syah, pemerintah daerah terus bekerja keras dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagaimana tergambar dalam Dokumen LAKIP.

“Instansi-instansi daerah kami kini dipacu untuk bekerja optimal meningkatkan kualitas pelayanan, baik dari sisi administrasi, jenis pelayanan dan respon cepat terhadap aspirasi masyarakat terkait pelayanan publik,” terang Sekda.

Ia menambahkan,  dalam rangka untuk meningkatkan opini nilai LAKIP, pihaknya tidak hanya mempertajam program-program peningkatan  kinerja pelayanan tetapi juga tetap berupaya meningkatkan kualitas SDM di intansi daerah. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*