KPU Banjar Gelar Simulasi Pemungutan Suara

CLICKBORNEO.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar terus melakukan berbagai persiapan jelang pemungutan suara pada 9 April 2014. Kali ini KPU Banjar mengumpulkan para PNS lingkup Pemkab Banjar untuk menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara. Simulasi tersebut digelar di halaman Kantor Pemda Banjar, Martapura, Jumat (4/4).

DSC_8040

Simulasi yang dihadiri Wakil Bupati Banjar H A Fauzan Saleh, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan dan para pejabat Pemkab Banjar ini dibuat semirip mungkin dengan TPS yang akan digunakan, lengkap dengan kotak suara, meja, surat suara dan orang-orang yang terlibat dalam TPS termasuk kehadiran pemilih.

“Simulasi ini tak hanya untuk pemahaman tentang Peraturan KPU, tapi juga pemahaman teknis. Misal bagaimana kalau ada problem, tata cara bagaimana mencoblos yang sah,” jelas Ketua KPU Banjar Ahmad Faisal .

“Kalau mencoblos partai saja orangnya tidak, tetap sah suaranya untuk partai. Coblos calegnya nomor 1 dan nomor 2, sah selama di satu partai, namun suaranya untuk partai. Jadi ini pemahaman teknis yang harus dimilki seluruh petugas,” paparnya.

Pemungutan suara akan dimulai pada jam 7 pagi sampai jam 1 siang, sebelum pemungutan suara dimulai diharapkan para pemilih atau saksi dapat berhadir lebih awal untuk menyaksikan pembukaan kotak suara.

“Sebelum saksi atau pemilih berhadir di TPS pada jam 7 pagi maka pemungutan suara belum bisa dilaksanakan sampai ada pemilih atau saksi yang hadir di TPS  karena itulah prosedur yang sudah ditetapkan,” tegasnya.

Faisal menambahkan, 1320 TPS yang ada di seluruh Kabupaten Banjar harus benar-benar siap, kalau masih ada masalah segera diselesaikan agar pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Banjar bisa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan.

“Kepada warga yang tidak terdaftar bisa mendatangi TPS ditempatnya dan menunjukan KTP kepada petuga TPS untuk menggunakan hak pilihnya”. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*