Khasiat Air Penerang Hati

CLICKBORNEO.COM – Meminta air penerang hati kepada kiai atau Tuan Guru merupakan salah satu tradisi yang berkembang di masyarakat Banjar. Ini sering dilakukan orangtua sebagai alternatif solusi menghadapi anaknya yang bermasalah. Dengan minum air penerang hati diharapkan si anak tidak nakal lagi, berhenti ngambek, atau supaya diberi kejernihan otak saat menghadapi ujian.

Penerang hati  1

H Sadeli, warga A Yani Km 4 Banjarmasin, mengaku datang kepada seorang ulama sepuh minta air penerang hati untuk putrinya, Saidah. Soalnya, beberapa hari anak tunggalnya itu merajuk tidak mau keluar dari kamar. Ia sendiri sebagai orangtua sempat dibuat pusing oleh tingkah anaknya tersebut.

Saidah ngambek ingin berhenti kuliah. Masalahnya, bahan skripsinya oleh dosen pembimbing disuruh dirombak. Padahal dia telah susah-payah melakukan penelitian.

“Karena parameter penelitian diperintahkan supaya dirubah otomatis hampir seluruh perhitungan analisis juga berubah. Akibatnya, dia tidak mau lagi konsultasi dan bersikeras ingin berhenti kuliah,” jelasnya.

Walau dibujuk berulangkali Saidah tetap pada keputusannya. Dia tidak peduli berapa banyak sudah biaya yang dikeluarkan orangtua untuk membiayainya kuliah. Karena dia terlanjur takut bertemu dengan dosen bersangkutan.

“Akhirnya atas usul istri, saya minta air penerang hati ke ulama di Pangambangan. Alhamdulillah, setelah diminum ada perubahan. Hatinya jadi luluh dan mau dibujuk untuk menghadap dosen,” beber Sadeli.

Ternyata, problemnya tidak seberat yang Saidah duga. Hanya satu bab yang musti dirombak. Dia saja yang keburu keder, sebelum mengetahui persis masalah sebenarnya.

Drs Arni mengaku selama buka praktik pananambaan, paling banyak melayani orang yang minta doa penerang hati. Ada untuk anaknya yang nakal, anak yang IQ-nya rendah, tidak mau sekolah, dan suka ngamuk.

“Bahkan mereka yang ingin ujian skripsi atau mau ikut tes CPNS banyak yang minta doa penerang hati, ” tutur dosen Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari ini.

Menurutnya banyak cara yang ditempuh orang untuk mendapatkan terang hati. Pertama, banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kedua, membaca ayat tertentu dari Alquran maupun hadis. Ketiga, minta didoakan kepada orang tertentu. Yang terakhir inilah banyak dilakukan oleh masyarakat awam. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*