Ketupat Kandangan si Penggugah Selera

CLICKBORNEO.COM – Hampir di semua daerah di Nusantara mengenal yang namanya menu ketupat. Tapi, ketupat Kandangan yang satu ini agak unik dan istimewa.  Rasanya sangat gurih.

kulinerketupatkandanganKetupat kandangan dihidangkan dengan guyuran kuah santan yang lumayan kental sehingga mirip opor dan berwarna kekuningan. Untuk lebih menggugah selera di atas permukaannya ditaburi bawang merah goreng. Cara makannya pun begitu khas. Meski berkuah, ketupat ini justru sering disantap tanpa sendok alias  pakai tangan. Sewaktu disajikan ketupatnya hanya dibelah dua, untuk kemudian dikacak-kacak atau diremas-remas dengan tangan.

Ya, beras Kalsel memang tidak lengket atau pulen seperti di Jawa. Walau diolah jadi ketupat, nasinya tetap mudah tercerai berai lagi. Begitu nasi ketupat itu sudah hancur, dengan sendirinya akan menyerap kuah santan tadi, sehingga mudah disuap pakai tangan. Unik, kan? Tapi, kalau Anda ingin tetap menikmati ketupat Kandangan secara utuh dan menggunakan sendok lantaran belum terbiasa, juga tak apa. Toh tidak akan mengurangi kelezatannya.

Biasanya sebagai lauk pendamping adalah ikan haruan (gabus) yang digoreng atau dipanggang. Ikan jenis ini sedikit durinya dan dagingnya begitu gurih. Agar sajian lebih bervariasi, di warung-warung tertentu juga menyediakan sate teluk iwak haruan, sate isi perut haruan, dan telor rebus masak habang sebagai menu pendamping. Ditambah dengan sambal pedas, hmm… nikmat sekali.

Walaupun berasal dari Kandangan, tapi masakan ini bisa ditemukan di mana-mana, tidak hanya di ibukota Kabupaten  Hulu Sungai Selatan tersebut. Di Banjarmasin juga banyak warung yang menyediakan ketupat Kandangan. Termasuk, di daerah luar Kalsel, seperti Samarinda dan Balikpapan. Namun kebanyakan penjualnya memang berasal dari Kandangan, dengan resep yang diperoleh turun-temurun.

Apalagi kalau Anda melakukan perjalanan yang melewati kota Kandangan, hampir di sepanjang jalan mudah ditemui warung-warung ketupat Kandangan. Jadi, kalau Anda berkesempatan datang ke Kalsel, tak ada salahnya untuk mencicipi makanan yang satu ini. Apalagi harganya relatif terjangkau, tidak terlalu mahal. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*