Kesultanan Banjar Gelar Karnaval Ragam Nusantara

CLICKBORNEO.COM – Ruh  kebesaran sebuah negara adalah tetap lestarinya kearifan budaya lokal dan adat  istiadat  dari bangsa tersebut. Kesultanan  Banjar sebagai bagian dari elemen masyarakat turut terpanggil mengkokohkan budaya dan tradisi elok masyarakat Banjar.

Karnaval

Salah satu pribadi santun masyarakat Banjar adalah menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan antar ras dan suku yang tercermin dalam prilaku keseharian masyarakat.

 Sebagai perwujudan dari rasa syukur dan bangga menjadi masyarakat Banjar,  Kesultanan Banjar dalam rangka memeriahkan Milad ke 509 menggelar Karnaval Ragam Nusantara.

Melalui karnaval ragam nusantara  diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya daerah sendiri, terutama Budaya Urang Banjar  tanpa mengesampingkan nilai-nilai nasionalisme.

Karnaval 2

Event Karnaval Ragam Nusantara dilaksanakanya pada puncak Milad Kesultanan Banjar pada 16 November 2013. Menurut Koordinator acara Karnaval, Drs H Aspihani   karnaval atau pawai budaya ini akan dikuti berbagai elemen masyarakat termasuk dari paguyuban-paguyuban suku-suku yang ada di Kalimantan Selatan.

“Insya Allah Karnaval Ragam Nusantara dalam rangkaian menyambut Milad ke 509 Kesultanan Banjar akan dilaksanakan 16 November 2013 bertepatan dengan peringatan puncak milad. Berbagai persiapan telah kami lakukan termasuk persiapan pada  Hari H. Mohon dukungan luas masyarakat untuk menyambut kegiatan budaya ini,” kata Aspihani, Senin (4/11).

Menurutnya, karnaval budaya nanti akan dibagi ke dalam dua kelompok pawai, ada yang menggunakan alat transportasi yakni mobil hias, adapula dengan pawai berjalan dan pesertanya memakai pakaian yang mencerminkan adat daerah se Nusantara. Start dan Finish bertempat di depan kantor Bupati Banjar.

Dikatakan kegiatan karnaval ragam nusantara ini didukung  unsur organisasi masyarakat, pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum.  Dan bagi kelompok yang dinilai terbaik  dan memiliki kekhasan budaya yang mencerminkan kekhasan budaya oleh panitia akan dinilai dan berhak atas beragam hadiah yang disediakan.

“Hadiahnya tidak hanya uang pembinaan tetapi juga berupa barang-barang elektronik seperti TV dan lain-lain. Ayo segera bergabung di kegiatan karnaval ragam nusantara. Kami siap memberikan penjelasan atau informasi terkait penyelenggaraan karnaval ragam nusantara,” tandasnya.

Ditambahkan Aspihani pelestarian budaya Banjar dengan melibatkan masyarakat luas, memberikan hiburan gratis yang mendidik, mencerminkan keBhinneka Tunggal Ika dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). []

You May Also Like