Kenapa Harus Menyisir Rambut?

CLICKBORNEO.COM – Kenapa rambut harus di sisir? Kalau ingin mendapat jawaban tanpa harus repot berpikir, maka jawabannya adalah, kamu tidak akan percaya diri bepergian sebelum menyisir rambut.  Soal menyisir rambut ini sering menjadi perhatian khusus baik kalangan wanita atau pria. Di antara mereka ada yang menyediakan waktu berjam-jam memastikan rambut sudah ‘aman’. Terlepas dari itu semua, kenapa harus menyisir rambut bisa ditelisik dari sudut pandang kesehatan. Itulah fokus bahasan artikel ini, menjaga agar rambut tetap sehat.

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita bicarakan dulu faktor penunjang kesehatan rambut. Khususnya adalah sisir yang digunakan. Dengan sisir yang tepat, minimal kesehatan rambut ikut terjaga. Penting sekali pengetahuan tentang sisir untuk tipe-tipe rambut, karena setiap sisir berbeda fungsinya. Sisir bergigi rapat akan lebih tepat digunakan untuk pemilik rambut lurus. Sebaliknya sisir bergigi renggang baik digunakan untuk rambut keriting atau ikal.

Pertanyaan semula adalah, kenapa rambut harus di sisir? atau Kenapa harus menyisir rambut?

Dari berbagai literatur menyebutkan bahwa aktifitas kelenjar Sebaceous (Sebasea) membuat kulit kepala manusia memiliki minyak yang disebut Sebum. Kelenjar Sebasea ini terdapat di seluruh kulit kecuali telapak tangan dan kaki. Umumnya, kelenjar sebaceous ini dapat ditemukan di daerah yang tertutup rambut. Secara fungsionlitas, Sebum bertujuan untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala. Hasil dari penelitian terbaru menunjukkan Sebum mewakili sistem pengiriman untuk antioksidan, lipid antimikroba, feromon, dan hidrasi stratum korneum. Dalam kasus tertentu, Sebum yang berlebihan justru membuat rambut akan berminyak.

Dalam proses menyisir rambut terjadi proses pendistribusian Sebum ke batang hingga ujung rambut. Hasilnya, dalam kondisi rambut yang sehat, aktifitas menyisir akan membuat rambut berkilau. Dampak positif lainnya adalah, aktifitas menyisir rambut juga akan membersihkan kotoran pada rambut. Namun wajib diperhatikan agar tidak menyisir rambut dalam kondisi basah. Alasannya justru akan membuat rambut cepat rapuh sehingga berisiko rontok. Selain itu, tanpa di sadari proses menyisir rambut, selama dilakukan dengan benar, juga akan membantu sirkulasi darah yang ada di kepala. Demikian info singkat kenapa harus menyisir rambut. Semoga membantu.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*