Kejujuran Itu Dimana-mana Nomor Satu

CLICKBORNEO.COM – Siapa yang tidak ingin produknya terjual laris? Tapi percayalah, kejujuran akan membawa Anda kepada hasil akhir yang jauh lebih mencerahkan. Berjualan di internet berbeda dengan berjualan secara konvensional. Terkadang, calon pembeli hanya mendapatkan informasi berupa teks dan gambar. Jika beruntung, calon pembeli mendapatkan penjelasan lebih rinci melalui video atau komunikasi via chatting atau telpon.

Jika Anda berhasil menjual satu saja produk lewat internet kepada seseorang yang tidak dikenal, maka sebenarnya Anda telah mendapatkan keuntungan ribuan kali lipat. Kenapa demikian? Anda bukan saja berhasil menjual produk, tapi sekaligus berhasil ‘membeli’ kepercayaan orang itu. Siapa yang bisa memberikan harga untuk sebuah kepercayaan? Kalaupun bisa, pasti tidak murah.

Berikut adalah kejujuran yang harus Anda jaga selama berjualan di internet:

  • Tawarkan produk sesuai kondisinya. Jika Anda menemui kekurangan dalam produk yang ingin Anda jual, maka sebaiknya Anda mengedukasi calon pembeli Anda. Edukasi yang dimaksud adalah, sampaikan saja kekurangan produk, jelaskan kenapa terjadi kekurangan pada produk tersebut, kemudian bagaimana agar kekurangan tersebut tertutupi dengan kelebihan yang dimiliki produk tersebut. Pada intinya, tidak ada produk yang sempurna. Anda harus pandai dan menguasai produk yang ingin Anda pasarkan agar pembeli tidak merasa Anda curangi.
  • Sampaikan identitas Anda kepada calon pembeli. Berikan informasi kepada mereka agar tahu kepada siapa mereka bertransaksi. Tampilkan Foto Anda. Sampaikan Alamat bahkan nomor telpon bisnis Anda. Jika Anda bermaksud ingin berpromosi menggunakan Facebook, maka gunakan saja nama asli Anda. Jangan fiktif, apalagi nama yang digunakan tidak jelas. Identitas yang jelas akan meningkatkan rasa aman kepada calon pembeli. O, ya, kalau di Facebook baca juga artikel tentang Prime Time Jualan di Facaebook, semoga bisa membantu Anda untuk meningkatkan hasil penjualan.
  • Saat membuat ‘Sensational Offer‘ seperti memberikan diskon potongan harga, voucher, hadiah dan lain-lain, itu tidak mengurangi kualitas produk Anda. Buatlah Sensational Offer sebagai sarana membangun kepercayaan atau memberikan penghargaan kepada pelanggan. Sensational Offer yang baik bukan untuk membuat Anda rugi, namun hanya mengurangi nilai keuntungan yang Anda dapat.

Saya rasa tiga hal di atas sudah cukup untuk membangun kepercayaan kepada calon pembeli. Selebihnya, Anda akan menemukan pengalaman sendiri selama menjual produk di internet. Intinya, berusahalah untuk jujur di setiap kemungkinan. Jangan takut produk Anda kalah dengan pesaing lain. Jika pesaing Anda berbuat curang, saya yakin para pelanggan mereka tak akan bertahan lama. Saya yakin, mereka akan menemukan orang yang jujur seperti Anda.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*