Kabupaten Banjar Kembangkan Sulam Sugul

CLICKBORNEO.COM – Pesatnya perkembangan usaha kerajinan usaha kecil menengah di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel, tidak lepas dari perhatian besar dari seorang sosok perempuan  yang selama ini  sangat akrab dengan masyarakat.

Sulam sugul 1

Ya, sosok perempuan  cerdas itu bernama Dra Hj Raudatul Jannah, MSi Ketua TP PKK Banjar. Alumni Pascasarjana Universitas Brawijaya ini  tidak mengenal lelah memberikan motivasi kepada para kader PKK untuk berwirausaha.

“Ulun sangat tersentuh dan bangga dengan adanya pelatihan Sulam Sugul prakarsa Dinas Perindustrian dan Perdangangan. Ini perlu ditindaklanjuti agar kerajinan sulam semakin memasyarakat,” ucapnya,  di Wisma Sultan Sulaiman, Rabu (26/2) lalu.

Istri Bupati Banjar, Sultan H Khairul Saleh mengatakan kerajinan Sulam Sugul merupakan salah satu kerajinan yang memiliki potensi baik di pasaran. Melalui pelatihan yang dilaksanakan diharapkan semakin mempercantik keragaman khas jenis sulaman.

Sulam Sugul

Hj. Raudatul Jannah memang sosok perempuan pemerhati kesejahteraan dan pembangunan di Kabupaten Banjar.  Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Banjar,  sosok  yang tak henti-hentinya menyumbangkan pemikiran-pemikiran luar biasa untuk kemajuan daerah Serambi Mekkah.

Dengan inisiatif dan melihat banyaknya permintaan pasar terhadap kerajinan sulam sugul, Hj. Raudatul Jannah bekerja sama dengan Disperindag Kabupaten Banjar mengadakan kegiatan pelatihan sulam sugul  yang diikuti oleh para ibu-ibu.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para ibu-ibu suatu keterampilan  agar dapat dikembangkan menjadi suatu komoditi yang menjanjikan. Yang mana komoditi kerajinan sulam sugul banyak diminati  masyarakat terutama para wanita dan remaja putri, tidak saja yang berasal dari Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin, tetapi juga dari luar daerah, antar pulau, bahkan sampai kota Mekkah, terutama pada saat musim haji yang dibawa langsung oleh jama’ah.

Dibantu Disperindag Kabupaten Banjar diharapkan hasil-hasil produksi sulam sugul mudah di pasarkan kepada konsumen. Didampingi Ketua Persatuan Dharma Wanita Hj.Budiarti Nasrun Syah, dan juga Kepala Disperindag Kabupaten Banjar H. Muhammad Ramlan,  Hj.Raudatul Jannah disela sambutannya tak henti-hentinya memotivasi para ibu-ibu agar terus berinovasi terhadap kerajinan tangan sulam sugul. Karena, ujarnya, semakin menarik dan berkualitas hasil produksinya maka keuntungan yang didapat akan semakin besar. (humas)

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*