Kab Tala Penyangga Pangan Kalsel

ananda_gerakan tanam bersamaCLICKBORNEO.COM- Kegiatan Promosi Gerakan Memasyarakatkan Ikan (Gemarikan) dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut di Desa Handil Suruk, Sabtu, (9/11), disertai dengan Gerakan Tanam Serempak dan Percepatan Tanam.

Acara itu juga dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Arifin, Sekda propinsi Kalimantan Selatan dan jajarannya, Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah dan jajarannya, Danrem 101 Antasi, Perwakilan dari Dirjen Tanaman Pangan dan Perwakilan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian.

Bupati Bambang Alamsyah usai menghadiri acara Gemarikan berlanjut ke acara Gerakan Tanah Serempak dan Percepatan Tanam dengan berjalan kaki. Sejumlah pejabat yang hadir turut terlibat dalam penanaman Padi.

“Seperti yang kita ketahui, sebagian besar usaha penduduk Tanah Laut, yakni sekitar 67% bergerak disektor pertanian. Dalam arti yaitu Pertanian, Perikanan dan Perkebunan,” katanya kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, Kabupaten Tanah Laut menjadi salah satu Kabupaten peyangga pangan Kalsel. Maka dari itu perlu rasanya dukungan teknologi. Di antaranya adalah penerapan mekanisme pertanian, perbaikan dan pembangunan.

“Sarana dan prasarana pertanian termasuk penggunaan bibit dan benih unggul serta kegiatan lainnya yang diharapkan akan memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan produksi,” tambahnya.

Ia memastikan Kabupaten Tanah Laut akan selalu berusaha bisa 2 kali dalam setahunnya.

Gubernur Kalsel Rudi Ariffin dalam sambutannya menuturkan, momentum tersebut patut dijadikan komitmen untuk meningkatkan produksi pangan.

“Kalimantan Selatan harus mempunyai target surplus beras sebanyak 10 Juta ton. Produksi beras Kalsel sudah cukup baik. Maka dari itu mari tingkatkan terus agar lebih baik lagi,” pungkasnya

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*