Izin Budidaya Anggrek Langka

Anggrek punya kekhasan tersendiri. Bunganya yang menawan bisa tidak rontok sampai berbulan-bulan, sehingga waktu untuk menikmati pun lebih lama. Tak heran, jika peminatnya cukup banyak. Bahkan, ada yang rela berburu hingga ke luar daerah.

Jenis tanaman hias ini lumayan banyak. Semakin langka dan unik, semakin mahal harganya. Tapi, tidak semua anggrek boleh diperjualbelikan. Ada jenis anggrek yang dilindungi.

Nazar, warga Banjarbaru, tahu persis tantenya penggemar berat anggrek. Ketika berencana berkunjung ke Madiun, ia pun berusaha membawakan anggrek khas Kalimantan. Jauh-jauh hari ia mengajak temannya berburu anggrek di hutan wilayah Binuang.

Ia sampai harus memanjat pohon sekian puluh meter untuk mendapatkan anggrek langka. Belum lagi harus membayar warga setempat sebagai pemandu agar tak tersesat.

“Sialnya, waktu di bandara oleh petugas tidak diizinkan dibawa keluar daerah. Padahal, saya susah payah untuk memperolehnya” kata Nazar.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel, Bambang Dahono Adji, mengatakan, pihaknya tidak punya dasar hukum untuk memberi izin peredaran tanaman langka. Hal itu untuk menghindari kepunahan.

“Kecuali, kalau anggrek langka itu hasil dari budidaya, baru dibolehkan,” ujarnya.

BKSDA menyadari jika peredaran anggrek langka ditutup mati, bakal terjadi polemik. Peminat anggrek tetap akan berusaha mendapatkannya. Untuk mengatasi itu, pihaknya mendorong masyarakat agar membangun budidaya anggrek.

“Izin membudidayakan anggrek langka inilah yang kita berikan,” kata Bambang.

Ia menyarankan agar para pencinta anggrek bergabung dalam suatu kelompok buat membangun penangkaran tanaman hias tersebut.

Selain intitusi, warga perorangan juga bisa mengajukan izin. Seperti di Jorong, BKSDA berusaha membantu supaya legal. Termasuk melakukan pembinaan, agar anggrek-anggrek yang jadi maskot di Kalsel tidak punah.

Harapan Bambang, jika beberapa jenis anggrek langka nantinya berhasil dibudidayakan, otomatis bisa bersaing dengan daerah lain. Bahkan, lebih jauh lagi bernilai ekonomi sangat tinggi.

Asalkan mengajukan permohonan pada BKSDA, lanjutnya, izin budidaya anggrek langka tidaklah susah. Sepanjang kelayakan proposal terpenuhi, tidak akan ditolak.

Bagi pemilik budidaya anggrek langka yang sudah mengantongi izin, mereka bisa mengeluarkan sertifikat. Dengan sertifikat itu, makaa pembeli anggrek dibolehkan membawa ke manapun.[]

One Response to Izin Budidaya Anggrek Langka

  1. .thanks gan infonya bermanfaat. buat agan-agan yang minat sama anggrek bisa beli disini kebunbibit.com

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*