Isyarat Akbar Tandjung untuk Sultan Khairul Saleh

CLICKBORNEO.COM Konstelasi politik akhir-akhir ini menjadi perhatian besar banyak orang. Termasuk di Kalsel, kendati pemilihan gubernur Kalsel dan wagub masih 2 tahun lagi, namun analisis dan prediksi tentang beberapa nama yang bakal berkompetisi dalam bursa perebutan kursi orang nomor satu di banua Banjar, semakin santer jadi tema pembicaraan.

sultan-banjar-siap-menuju-kalsel-1

Dari sekian figur yang digadang-gadang bakal bersaing, salah satu nama yang mencuat adalah Sultan H Kharul Saleh yang sekarang ini menjabat sebagai Bupati Banjar. Baru-baru tadi ketika silaturahmi dan buka bersama Akbar Tandjung di Masjid Syiarushalihin Martapura, secara tersirat ia menyebut bahwa jumlah penduduk Kabupaten Banjar yang mencapai 600 ribu orang  cukup sebagai modal awal menuju Kalsel 1.

 “Kata Pak Akbar, 600 ribu penduduk cukup untuk pemilihan gubernur,” kutip Sultan Khairul Saleh dalam pidatonya. Di kesempatan itu, hadir pula sejumlah petinggi DPD Partai Golkar Kalsel, di antaranya Ketua DPD HA Sulaiman HB dan Korwil Pemenangan Kalimantan Ahmadi Noor Supit.

Usai acara, saat ditanyakan perihal pernyataan tersebut, dengan nada diplomatis Khairul mengatakan itu bukanlah deklarasi dirinya untuk maju sebagai calon gubernur 2015 mendatang. Katanya, statemen itu bermula dari pertanyaan Akbar tentang jumlah penduduk Banjar.

“Saya bilang 600 ribu jiwa terbesar kedua setelah Banjarmasin, kata beliau itu cukup maju ke provinsi,” ucap Khairul Saleh.

Sebagian kalangan menafsirkan itu merupakan restu dari DPP Partai Golkar, mengingat posisi strategis Akbar selaku ketua dewan pertimbangan. Lagi-lagi Khairul menegaskan hal itu bukanlah restu, tapi sekadar pernyataan spontanitas Akbar.

Seperti biasa dengan sedikit merendah, Khairul menilai pernyataan tersebut bukan dimaksudkan untuk dirinya semata, tapi bagi siapa pun tokoh Banjar yang berpotensi.

“Bisa saya, bisa pula yang lain. Kalau saya belum, masih lamalah,” cetusnya. Saat disinggung posisinya sebagai kader Partai Golkar, Khairul mengakui hal itu. Tapi,  menurutnya masih banyak kader Beringin lainnya yang juga berpotensi untuk memimpin Kalsel.

“Kader lain juga banyak yang bagus. Kita lihat saja nanti, siapa yang terbaik berdasarkan hasil  survey, mungkin itu yang akan diusung partai,” pungkasnya. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*