Info Lomba Menulis Esai Sosial Budaya 2013

Info Lomba Menulis Esai Sosial Budaya 2013CLICKBORNEO.COMInfo lomba terbaru Menulis Esai Sosial Budaya 2013 ini dilaksanakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pelajar tingkat SMA/SMK/MA/SMA-LB/Paket C.

Lomba menulis esai ini mengangkat tema “Hidup Harmonis di Tengah Perbedaan”. Naskah esai diharapkan mengkaji isu-isu aktual dan menyumbangkan perspektif guna membangun kehidupan harmonis di tengah perbedaan dan keragaman budaya.

Esai adalah jenis karangan yang mengekspresikan opini penulis. Karena itu penulis dituntut mampu mengungkapkan data, informasi, dan gagasannya mengenai suatu soal tanpa bersikap kaku pada pembaca. Meski demikian, penulisan esai tetap menyertakan argumentasi dan analisis yang jelas serta data yang akurat dan kredibel, dengan bahasa yang lugas, cerdas, dan komunikatif.

Jika kurang paham bagaimana menulis esai, silakan kamu cari saja di internet. Banyak contoh mengenai tulisan-tulisan yang bersifat esai sebagai media belajar untuk mengikuti lomba-lomba semacam ini.

DEWAN JURI LOMBA:

  • Dr. Riwanto Tirtosudarmo (Peneliti Senior LIPI)
  • S. Dloyana Kusumah (Peneliti Senior Puslitbang Kebudayaan)
  • Dr. Mu’jizah (Peneliti Badan Bahasa)
  • Putu Fajar Arcana (Redaktur Budaya Kompas)
  • Setiawati Intan Savitri (Forum Lingkar Pena)

Dewan Juri memilih 12 finalis guna diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karyanya di depan dewan juri. Akomodasi dan biaya transport ditanggung panitia. Hasil presentasi akan menentukan para pemenang lomba.

HADIAH LOMBA:

Juara I                       :     Rp 10.000.000 + piagam
Juara II                     :     Rp   9.000.000 + piagam
Juara III                   :     Rp   8.000.000 + piagam
Juara Harapan I     :     Rp   7.000.000 + piagam
Juara Harapan II   :     Rp   6.000.000 + piagam
Juara Harapan III :     Rp   5.000.000 + piagam
Hadiah Hiburan untuk 6 finalis lainnya     :     Rp   2.500.000 + piagam

Alur Lomba Menulis Esai Sosial Budaya 2013

Bagi kamu yang ingin ikutan lomba di atas, silakan segera mengunjungi situs resmi pelaksana lomba di http://www.lktikebudayaan.com. Semua informasi lengkap ada di sana termasuk poster lomba jika diperlukan. Selamat mengikuti lomba menulis esai, jadilah anak bangsa yang cerdas dan kreatif.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*