Golongan Dalam Fotografi (Semi-Pro)

185445843_640CLICKBORNEO.COM – Fotografer Semi Profesional juga disebut fotgrafer amatir yang serius (Amatuer Seriously). Biasanya mereka yang berada dalam golongan ini sudah lebih 7 tahun berkecimpung dalam dunia fotografi tanpa meninggalkan satu moment dalam dirinya tanpa kamera. Boleh dikata dia sudah mencapai tahapan separuh profesional. Separuhnya saja.

Di era digital yang serba cepat dan terjangkau sekarang. Jenis kamera sudah sungguh bervariatif. Seiring dengan teknologi yang super canggih kemampuan peralatan kamera pun mulai ditingkatkan. Termasuk memiliki kamera yang baru rilis. Bahkan sudah memotret keluar negri untuk mengejar momentum tahunan. Masa seperti inilah fotografer biasanya mulai memiliki kamera jenis semi pro hingga pro. Semisal Nikon D300, Nikon D300s, D7100, D600, D700, D800, D800E, Canon 5D, EOS 5D Mark II, 5D Mark III, EOS 7D, 6D Wi-fi, 1D series, dan keatasnya lagi sesuai dengan budget dan kemampuan sang fotografer.

Apabila bertemu dengan rekan segolongan (semi-pro) mereka akan saling sapa kemudian membual. Membicarakan hal-hal baru bahkan seputar jenis kamera yang baru rilis tahun ini dan akan datang. Inilah masa-masa dimana seorang fotografer bisa menentukan sampai di peralatan mana dia berhenti. Meskpun pada kenyataan, fotografer tak pernah puas.

Sampai waktunya mengirim sejumlah fotonya di beberapa event dan perlombaan foto. Setelah memenangi kompetisi tersebut lantas fotografi semi-pro mulai membagi-bagikan teknik kamera. Tapi tidak sombong, justru di momentum seperti ini para pemula bisa mengambil manfaat. Mereka akan mudah bergaul. Tak pernah berburuk sangka. Tebakannya sering mendekati dengan kebenaran dalam segi teknik pengambilan gambar.

Tahap ini si fotografer semi-pro mulai suka menganalisa beberapa foto. Jika sudah terlampau lama dia juga mulai menjual beberapa peralatannya yang memang mulai tidak berguna alias benar-benar tidak dia butuhkan. Kemudian membanding peralatan efisien yang tidak menjadi beban. Hanya satu masalahnya, fotografer semi-pro masih menyembunyikan satu kunci rahasia yang tak bisa dibuka dalam sebuah diskusi lantara dia mempersiapkan teknik untuk memenangkan lomba fotografi selanjutnya. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*