Gema Nasyid di Kabupaten Banjar Semakin Semarak

CLICKBORNEO.COM – Gema  kesenian Islami Nasyid di Kabupaten Banjar,  Provinsi Kalimantan Selatan semakin semarak. Salah satu organisasi kemasyarakatan yang turut mengencangkan seni nasyid adalah Kesultanan Banjar.

Nasyid 1

Zaman yang semakin  maju dan modern menjadi salah satu alasan penting bagi pemerintah dan lembaga kemasyarakatan  untuk melestarikan kesenian nasyid.   Banyaknya Kesenian dan Budaya dari luar sekarang banyak mempengaruhi para pemuda dan pemudi yang menjadi cikal bakal pelestarian warisan masyarakat Banjar tempo  dulu.

Untuk itu Kesultanan Banjar melalui Kepemimpinan Sultan Haji Khairul Saleh gencar menyuarakan  misi Seni dan Budaya. Dan salah satunya  adalah mengadakan lomba Kesenian Islami modern yang bernama Nasyid . Lomba ini semakin bergema dan menjadi agenda tahunan menyambut  Milad Kesultanan Banjar.

Nasyid

Bertempat di Alun-Alun Ratu Zaleha pada Senin(11/11) digelar  Festival Nasyid yang disaksikan  langsung  Permaisuri Kesultanan Banjar Hj.Raudhatul Jannah beserta jajaran.

Dalam sambutannya H GT Ruspan Noor SE,  Ketua Panitia Milad Kesultanan Banjar ke 509,  mengatakan festival nasyid ini merupakan event tahunan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan menjadi wadah bagi para insan muda untuk berkreativitas dan berkreasi khususnya di bidang Seni Islami. Ia juga melaporkan bahwa peserta pada tahun ini berjumlah sebanyak sebanyak 28 Group yang terdiri dari berbagai muda mudi dari sekolah tingkat menengah hingga perguruan tinggi.

“Budaya dan kesenian nasyid  harus kita lestarikan karena melalui seni nasyid bisa mempertebal keimanan kita kepada Allah SWT.  Di dalam seni dan irama nasyid mengandung nilai-nilai kesantunan tinggi untuk melestarikan budaya religius islami,” terang Ratu Dra Hj Raudatul Jannah, MSi, di sela menyaksikan langsung lomba Festival Nasyid Kesultanan Banjar 2013.

Menurutnya, tujuan lain digelarnya festival nasyid untuk membentengi anak-anak dan generasi muda dari pengaruh ancaman global seiring kemajuan perkembangan zaman,” paparnya seraya mengungkapkan rasa senang dan bahagia atas besarnya antusias peserta mengikuti lomba ini. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*