Festival Tanglong Banjarbaru Akan Jadi Event Nasional

Tanglong dan Bagarakan Sahur Banjarbaru 2013CLICKBORNEO.COMFestival Tanglong dan Bagarakan Sahur merupakan event tahunan di Kota Banjarbaru. Pelaksanaannya setiap bulan Ramadhan. Peserta Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur Kota Banjarbaru diikuti dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Untuk tahun ini Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur dilaksanakan Sabtu (27-Juli-2013) malam usai salat tarawih.

Dalam sambutan yang disampaikan Tridiana, Direktur Jenderal Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata akan mengevaluasi kegiatan Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur untuk menjadi event nasional.

“Kehadiran kami untuk melihat langsung apakah Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur bisa dijadwalkan menjadi event nasional. Untuk menjadi event nasional persyaratannya adalah event ini sudah fix dilaksanakan setiap tahun.”

Lebih rinci dijelaskan untuk bisa masuk dalam event nasional, maka perlu ada keinginan besar atau komitmen dari pemerintah daerah untuk menjadikan ini suatu event nasional. Selain itu diperlukan partisipasi masyarakat yang besar, bukan hanya keinginan pemerintah daerah saja. Untuk syarat menjadi destinasi wisata juga perlu akses mobilitas dan akomodasi yang layak.

“Kami melihat Kota Banjarbaru sudah memenuhi semua syarat tersebut termasuk syarat lainnya yakni atraksi yang sudah diwakili dengan Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur itu sendiri,” ungkapnya.

Lebih jauh Tridiana mengharapkan Festival Tanglong dan Bagarakan sahur Kota Banjarbaru untuk menjadi event nasional kedepaannya perlu didiskusikan agar dapat lebih memajukan kegiatan ini. Dalam kesempatan itu pula diharapkan media turut mempromosikan sehingga masyarakat luas, tidak saja secara lokal, nasional tapi juga internasional mengetahui bahwa di Banjarbaru ada suatu festival yang layak dikunjungi sehingga banyak wisatawan tidak saja nusantara tapi internasional berkunjung ke Kalimantan Selatan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk tahun 2013 ini peserta tanglong Banjarbaru sebanyak 17 Tanglong. Untuk Tanglong Kalsel sebanyak 21 peserta. Sementara untuk Bagarakan sahur Banjarbaru sebanyak 45 peserta dan Bagarakan sahur Kalsel sebanyak 58 peserta. Mereka akan memperebutkan kategori tanglong dan bagarakan sahur terbaik tingkat Banjarbaru dan tingkat Kalsel dengan total hadiah Rp 142 Juta. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*