Eksotika Pasar Terapung Lok Baintan

Popularitas Pasar Terapung Lok Baintan tidak kalah dengan Pasar Terapung di Muara Kuin, Alalak Banjarmasin. Bahkan belakangan sejumlah pelaku bisnis hiburan tingkat nasional lebih  memilih mengambil  pemandangan Lok Baintan, sebagai latar tayang acara mereka.  Soalnya, lokasinya lebih natural dan masih asri.

Lok Baintan

Selain itu, jadwal berlangsungnya transaksi di Lok Baintan juga lebih lama. Jadi, bagi mereka yang datangnya tidak terlalu pagi masih bisa menikmati perdagangan di atas perahu atau jukung.

Terletak di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Banjarmasin. Suasana dan pemandangan pasar terapung ini masih benar-benar alami. Hal itu bisa bertahan karena kuatnya budaya sungai masyarakat setempat.

Di pasar unik ini Anda bisa membeli buah-buahan, sayur-mayur, ikan, aneka kue dan makanan, bahkan pakaian.

Kalau dari Banjarmasin rute perjalanan memang agak panjang. Bagi mereka yang baru pertama kali mungkin tidak sabar untuk segera sampai ke tujuan. Juru mudi kelotok biasanya akan menjadikan Jembatan Lok Baintan sebagai panduan bahwa obyek wisata yang akan dituju sudah dekat. Seolah jembatan yang dibuat dengan konstruksi gantung ini menjadi pelambang ucapan ‘selamat datang’ ke pasar terapung Lok Baintan.

Membentang melintasi sungai yang luas itu, kehadiran jembatan ini menjadi daya pikat sendiri. Itu karena bangunannya yang terdiri dari kayu ulin dipenuhi tali temali. Tidak ada tiang yang tertancap di badan sungai. Bagi wisatawan, jembatan itu lebih berfungsi sebagai pelengkap pesona perjalanan menuju Pasar Terapung Lok Baintan. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*