Lok Baintan Pikat Dirjen Pariwisata

CLICKBORNEO.COM – Pesona Pasar Terapung Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, benar-benar  berhasil memikat hati pengunjung yang datang untuk  berwisata ke sana. Termasuk,  hati seorang pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah Rahim.

Dirjen di Lok Baintan

Lok Baintan Floating Market merupakan salah satu pasar tradisional  unik di dunia. Dan  sudah ada sejak zaman Kerajaan Banjar. Terlebih lagi saat ibukota kerajaan Banjar pindah ke pemangkuan.

Mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan akan memberikan kenangan tak  terlupakan tentang bagaimana masyarakat yang hidup di atas air memenuhi  kebutuhan hidupnya. Selain itu, pengunjung juga akan mengetahui pola transaksi  setempat. Pasar ini menjadi saksi bisu perjalanan aktivitas ekonomi masyarakat Kalimantan Selatan.

Salah satu keunikan dari Pasar Terapung adalah desak-desakan antara perahu besar dan perahu kecil yang mencari pembeli, serta penjual yang bertebaran ke sana ke mari. Pasar terapung tidak memiliki organisasi seperti pasar di daratan, sehingga tidak tercatat berapa jumlah pedagang dan pengunjung atau pembagian berdasarkan barang dagangan.

Dirjen Lok Baintan

“Pasar Terapung Lok Baintan benar-benar luar biasa memesona. Siapa pun yang datang ke tempat ini akan terkenang dengan keindahan alam dan keramahan masyarakatnya,” ucap Dirjen Pengembangan Destinasi  Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah Rahim penuh kagum saat berkunjung langsung ke Pasar Terapung Lok Baintan Sungai Tabuk, Kamis(12/9) pagi.

Kedatangannya didampingi Setda Banjar Ir Nasrunsyah, Camat Sai Tabuk H.Marsyat S.Pd SH serta beberapa pejabat lainnya.

Menurutnya Pasar Terapung Lok Baintan  merupakan kebanggaan masyarakat sekaligus asset daerah bagi Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya Pemerintah Kabupaten Banjar.

Di tengah komersialisasi sekarang ini, tambah Firmansyah, ternyata di Kabupaten Banjar Kalsel masih ada aktivitas sosial perdagangan tradisional dengan mengutamakan nilai-nilai kesantunan dan kejujuran.

Kunjungan Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata ke Kalsel dalam rangka   menggaungkan gerakan Sapta Pesona sekaligus menghadiri event-event wisata budaya. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*