Bupati Banjar Bantu Pembangunan Gedung PCNU

CLICKBORNEO.COM – Satu lagi gedung sarana syiar Islam di Kabupaten Banjar bakal bertambah. Setelah pembangunan Gedung Iqra di Jalan A Yani Km 39 Martapura, kini sebentar lagi berdiri bangunan permanen tempat berkumpulnya para ulama dan masyarakat yang tergabung dalam Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar.

Gedung NU 2

“Ulun sangat bersyukur dan gembira atas segera dibangunnya Gedung PCNU Kabupaten Banjar. Ini merupakan sebuah upaya para ulama dan masyarakat untuk peningkatan syiar Islam di daerah,” ucap Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh pada peletakan batu pertama pembangunan Gedung PCNU di Jalan A Yani Km 40 Martapura, Senin (7/10).

Selain dihadiri para ulama dan habaib keluarga besar NU, juga  Wakil Bupati H Ahmad Fauzan Saleh dan Ketua DPRD Banjar HM Rusli, termasuk Ketua MUI Banjar Tuan Guru H Khalillurrahman.

Gedung NU

Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh dalam sambutannya menyampaikan, bahwa atas nama pemerintah daerah dan pribadi akan selalu memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pembangunan gedung NU. Semua ini merupakan wujud cinta, perjuangan dan pengorbanan untuk menegakkan panji-panji Islam.

Ia menambahkan, bentuk dukungan serius  Pemkab Banjar adalah dengan penganggaran APBD 2013 mencapai  1 milyar rupiah untuk pembangunan gedung NU yang baru. Melalui APBD 2014 ke depan rencananya akan dianggarkan kembali sekitar 1 hingga 1,5 milyar rupiah, dan ini sudah dimusyawarahkan dengan Ketua DPRD Banjar.

Ulun berharap gedung ini bisa dibengkengi (dipoles) lagi agar lebih indah, teduh, nyaman, dan representatif, supaya  menjelma sebagai gedung NU yang termegah di Kalimantan Selatan. Ulun berharap pula, ini menjadi nilai sejarah dan amal jariah kita semua”, ujar Khairul Saleh.

“Melalui fasilitas ini, hidupkan  budaya-budaya NU bahari, kegitan NU yang lama vakum agar bisa digalakkan lagi. Ini demi membina akhlak generasi penerus nanti” pungkasnya.

Selesai memberikan sambutan, Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh menerima Piagam Penghargaan atas segala dedikasinya dari Keluarga Besar NU yang diserahkan oleh Tuan Guru H Khalilurrahman, kemudian diteruskan dengan peletakan batu pertama tanda dimulainya proses pembangunan gedung NU,  dilanjutkan oleh Wakil Bupati Banjar, Ketua DPRD, Ketua MUI Banjar dan Ketua Tanfiz NU.

Sebelumnya, Ketua Tanfiz NU Kabupaten Banjar Dr H Quzweini MAg menyampaikan  terimakasih semua warga Nahdiyyin terhadap kepedulian pemerintah. Ini adalah bukti dedikasi dan prestasi kepala daerah dalam membangun banua yang bernafaskan Islam. Menurutnya, gedung NU ini kelak akan menjadi salah satu Ikon Kota Martapura, dan sebagai bangunan peninggalan masa pemerintahan Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh bersama Wakil Bupati H Ahmad Fauzan Saleh yang sangat monumental.

Ketua Pelaksana pembangunan, Heru Jaya Pribadi, melaporkan gedung PCNU ini dibangun atas bantuan sosial pemerintah Kabupaten Banjar, adapula sumbangan dari para dermawan. Sesuai rencana akan dibangun 3 lantai, lebar 17 meter, panjang 29 meter. Dilengkapi dengan aula pertemuan, sedangkan unit bagian bawah untuk bangunan komersil terdiri dari 6 pintu. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*