Bupati Banjar Bantu Kewirausahaan TKI Purna

CLICKBORNEO.COM – Meski tercatat sebagai daerah yang memiliki penduduk miskin terendah di Kalimantan Selatan,  tidak mengendurkan semangat kerja keras Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh untuk  menekan angka penggangguran mencari peluang usaha lapangan kerja baru.

TKI Purna

Salah satu kelompok masyarakat yang menjadi perhatian besar dari Bupati H Khairul Saleh adalah mereka yang dulunya sempat menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri dan kembali pulang kampung namun kesulitan dalam berusaha.

“Pemerintah daerah akan tetap bekerja keras mengurangi angka kemiskinan di berbagai sektor. Salah satunya memikirkan wirausaha bagi masyarakat TKI Purna  yang telah kembali ke kampung halaman. Kita berharap kepulangan TKI ke kampung halaman jangan berdampak pada masalah baru. Perlu ada  upaya membantu mereka untuk berusaha dan bekerja,” ucap Bupati Sultan H Khairul Saleh, saat Peluncuran Kampung Pemberdayaan TKI Purna, di Desa Kelampayan Ulu, Kecamatan Astambul, Jumat (28/3) lalu.

Dikatakan Bupati H Khairul Saleh, upaya pemerintah daerah dalam rangka memberdayakan masyarakat TKI Purna sangat selaras dengan kebijakan Badan Nasional  Penempatan dan  Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI ).

Pada acara yang juga dihadiri BNP2PTKI Drs Gatot Abdullah Mansyur, Bupati H Khairul Saleh mengucapkan terima kasih atas gagasan dan inisiatif dari BNP2TKI melalui perangkat kerja di daerah yang memprogramkan Kampung Pemberdayaan TKI Purna.

TKI Purna 2

Bupati kelahiran 5 Januari 1964 ini menambahkan, pentingnya sinergisitas program penanggulangan kemiskinan dalam rangka  meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perencanaan dan kebijakan terukur.

Bupati H Khairul Saleh dalam kesempatan itu juga memberikan bantuan langsung berupa peralatan peralatan produktif untuk para TKI Purna melaksanakan usaha seperti mesin jahit dan edukasi keterampilan lainnya. Paling membuat masyarakat TKI Purna gembira dengan kedatangan bupati di acara itu adalah mereka melalui kelompok usaha disediakan fasilitas dua rumah toko siap usaha. Rencana pemda juga akan menambah dua unit ruko lagi sebagai sarana tempat usaha.   Bantuan lain juga datang dari BNP2TKI, BNP3TKi Banjarbaru Bank Kalsel Martapura dengan jenis bantuan berbeda.

Sementara itu Kepala BNP2TKI Gatot Abdullah Mansyur mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi tinggi atas kepedulian Bupati H Khairul Saleh kepada masyarakat TKI Purna.

“Beliau (Bupati, red) memberikan rumah toko untuk tempat TKI Purna menjual produk usaha merupakan sebuah kepedulian seorang pemimpin yang luar biasa. Pemerintah sangat salut atas perhatian Pemkab Banjar membantu pemberdayaan TKI Purna,” ucap Gatot langsung mendapat aplus ratusan masyarakat yang menghadiri acara.

“Launching Kampung Pemberdayaan TKI Purna,  di Desa Kelampayan Ulu Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar ini merupakan salah satu program BNP2TKI dalam usaha membangkitkan  ekonomi masyarakat purna TKI, “  terangnya

Dikatakan Gatot, berbagai upaya telah dilakukan BNP2TKI bersama instansi lain membangkitkan  ekonomi masyarakat purna TKI. Salah satunya melalui program atau launching  TKI Mart. Ini merupakan kerja sama sinergis antara BNP2TKI dengan pemerintah daerah.

Tujuan program ini agar para TKI purna dapat memanfaatkan hasil pendapatan mereka  di luar negeri untuk kegiatan produktif.

Ketua BNP2TKI dalam kesempatan itu juga memberikan bantuan sosial secara simbolis  kepada masyarakat Purna TKI untuk mengembangkan usaha. []

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*