Banjarbaru Masih Saja Kekurangan Guru

CLICKBORNEO.COM – Nyatanya, Banjarbaru masih saja kekurangan guru. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Banjarbaru Drs Firdaus Hazairin pastikan Kota Banjarbaru saat ini masih kekurangan guru di semua jenjang pendidikan mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. “Kami akui hingga saat ini masih kekurangan guru sehingga harus dilakukan penambahan sesuai kebutuhan sekolah,” ungkapnya, Jumat kemarin.

Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan itu, pihaknya masih belum mengetahui berapa kekurangan guru karena perhitungannya harus sesuai jumlah sekolah dan ruang kelas di sekolah tersebut. “Jumlah pasti berapa kurangnya belum bisa kami sebutkan tetapi melihat dibangunnya sekolah baru, diperlukan cukup banyak,” tambahnya.

Ia mengatakan, sekolah yang baru dibangun di antaranya tiga sekolah setingkat sekolah dasar, juga ada sekolah menengah yang baru selesai dibangun dan satu sekolah menengah kejuruan yang masih dalam tahap pembangunan.

Menurut dia, pembangunan sekolah baru itu secara otomatis memerlukan guru sebagai tenaga pendidik baik guru kelas maupun guru mata pelajaran sehingga jumlah guru harus seimbang dengan jumlah ruang kelas.

“Guru sekolah dasar disesuaikan jumlah rombongan belajar atau ruang kelas di sekolah, ditambah guru agama, guru penjaskes dan kepala sekolah, sedangkan guru sekolah menengah disesuaikan mata pelajaran,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah mengajukan penambahan guru melalui formasi CPNS tenaga kependidikan tetapi jumlah yang disetujui masih belum sesuai dengan kebutuhan.

Namun, kata dia, kebutuhan guru secara bertahap diharapkan terpenuhi melalui penerimaan CPNS yang dibuka sesuai formasi yang diperlukan sehingga setiap sekolah memiliki guru yang seimbang.

“Tahun ini, penerimaan CPNS yang dibuka khusus guru sebanyak 50 formasi terdiri atas 26 guru SD dan 24 guru sekolah menengah kejuruan sehingga jumlah itu diharapkan bisa menutupi kekurangan guru,” katanya.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*